Gianyar Tawarkan Bursa Kerja ’’Online’’

Untuk memudahkan pencari kerja, Pemkab Gianyar tidak hanya menyelenggarakan kegiatan job fair.

17
Selain job fair, Pemkab Gianyar mengembangkan sistem bursa kerja online .

Gianyar (bisnisbali.com) –Untuk memudahkan pencari kerja, Pemkab Gianyar tidak hanya menyelenggarakan kegiatan job fair. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Anak Agung Dalem Jagadhita, S.H., baru-bàru ini mengatakan, Pemkab Gianyar juga melakukan upaya pengembangan sistem Bursa Kerja Online (BKOL).

Diungkapkannya, penyelenggaraan job fair sebelumnya mengusung tema “Pokoknya Harus Kerja”. Ini sebagai salah satu implementasi dan komitmen Kementerian Ketenagakerjaan RI berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar bersama instansi terkait dan pihak swasta secara terpadu dalam upaya menekan angka pengangguran di wilayah Kabupaten Gianyar. “Kegiatan ini sekaligus sebagai penerapan sistem rekrutmen tenaga kerja secara transparan dan kompetitif,” katanya.
Menurutnya, penyediaan informasi terpusat melalui kegiatan job fair ini mempunyai nilai strategis. Ini dikarenakan dapat memberikan ruang komunikasi dua arah secara langsung antara pengguna dan pencari kerja.

Sementara pemerintah hanya bertindak sebagai fasilitator. Dalem Jagadhita menegaskan dalam konteks globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini Pemerintah Kabupaten Gianyar juga melakukan upaya pengembangan sistem Bursa Kerja Online (BKOL) dengan alamat www.bursakerjagianyar.com.

 Ini memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan pemberi kerja/perusahaan yang mempunyai lowongan kerja. Informasi lowongan kerja dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh pencari kerja maupun pemberi kerja.
Selain upaya tersebut, Dalem Jagadhita menambahkan Pemkab Gianyar juga mendorong terbentuknya Bursa Kerja Khusus (BKK) yang merupakan unit pelayanan pada satuan pendidikan menengah, satuan pendidikan tinggi, dan lembaga pelatihan kerja yang memberikan fasilitasi penempatan tenaga kerja kepada alumninya. *kup

BAGIKAN