BPJS Kesehatan Denpasar Bangkitkan Semangat Penyandang Disabilitas

BPJS Kesehatan dalam tugasnya sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

19
Sejumlah anak penyandang disabilitas di Yayasan Puspadi Bali memperoleh bantuan kursi roda dari BPJS Kesehatan Cabang Denpasar.

Denpasar (bisnisbali.com) –BPJS Kesehatan dalam tugasnya sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Sebagai implementasinya, BPJS Kesehatan Cabang Denpasar memberikan kursi roda kepada anak-anak penyandang disabilitas di Yayasan Pusat Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Indonesia (Puspadi) Bali.
Kursi roda ini diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, Muhammad Ali kepada Direktur Puspadi Bali I Nengah Latra. Latra menyatakan sangat menyambut baik bentuk kepedulian ini dikarenakan tingginya kebutuhan kursi roda untuk anak-anak penyandang disabilitas.

 “Sebelum terbentuknya yayasan ini, saya sempat melakukan penelitian ke desa-desa selama lima tahun dan ternyata terdapat banyak masyarakat penyandang disabilitas namun disembunyikan oleh keluarganya dikarenakan masih adanya stigma yang berkembang bahwa penyebab disabilitas adalah dosa besar di masa lalu,” ungkap Latra.
Ia menambahkan jika stigma negatif yang berkembang membuat para penyandang disabilitas semakin terpuruk. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar terbentuknya Puspadi Bali untuk lebih memanusiakan lagi para penyandang disabilitas.

“Semoga dengan adanya pemberian kursi roda dari BPJS Kesehatan Cabang Denpasar ini akan dapat mengetuk pintu hati perusahaan lain untuk turut membantu para disabilitas,” harapnya.
Puspadi Bali yang berdiri sejak tahun 1999 dan sebagian besar petugasnya adalah penyandang disabilitas didedikasikan untuk meningkatkan kualitas hidup para penyandang disabilitas fisik yang ada di Bali dan Indonesia Timur.

Di yayasan ini juga para petugas melakukan identifikasi dan mengadvokasi para penyandang disabilitas untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan. “Terima kasih kami sudah diberikan kesempatan untuk turut berkontribusi membantu anak-anak penyandang disabilitas melalui pemberian kursi roda dan semoga yang kami berikan dapat bermanfaat,” ujar Ali.
Ali menambahkan ada hal menarik dalam pemberian kursi roda ini, karena kursi roda yang diberikan bukanlah sekadar kursi roda yang sudah jadi, tetapi dikondisikan juga dengan fisik mereka agar tidak terjadi disabilitas lainnya.

“Dari Puspadi Bali ini kita belajar untuk selalu bersyukur serta tidak memandang sebelah mata para penyandang disabilitas dan menganggap mereka sebagai orang yang tidak berdaya, namun mereka harus diberdayakan,” tutup Ali. *dar

BAGIKAN