BPR harus Bersinergi dengan Bank Umum

Memasuki era milenial, menuntut semua layanan sektor perbankan berbasis teknologi

26
SINERGI - Bank perkreditan rakyat (BPR) harus bersinergi dengan bank umum guna memberikan layanan maksimal kepada masyarakat dan sektor usaha.

Mangupura (bisnisbali.com) – Memasuki era milenial, menuntut semua layanan sektor perbankan berbasis teknologi. Bank perkreditan rakyat (BPR) bersinergi dengan bank umum guna memberikan layanan maksimal kepada masyarakat dan sektor usaha.

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Perbarindo Bali, AA Sudiptha Panji, Kamis (10/10) mengatakan, di zaman milenial ini sangat tepat. Seluruh BPR di Bali tentu sangat bersyukur Perbarindo Bali sudah melakukan ikatan perjanjian kerja sama dengan Bank BPD Bali guna menyikapi pengaruh penguatan kemajuan teknologi khususnya terhadap layanan jasa keuangan yang berbasis teknologi (fintech).

Ia menjelaskan, sesuai amanat DPP Perbarindo, BPR sudah saatnya menjalin hubungan kerja sama dengan bank umum. Hal ini mengingat keterkaitan berbagai wujud regulasi serta permodalan.

Sudiptha Panji menegaskan, hanya bersinergi dengan bank umum, BPR akan bisa lebih eksis terutama dalam menghadapi era fintech dan era milenial dengan berbagai kemudahan layanan keuangan.

Ia mengatakan, kerja sama Perbarindo dengan BPD Bali ditujukan untuk sebuah model kerja sama saling menguntungkan. Salah satunya BPD bisa menjadi lembaga Apex BPR. BPD bisa menjadi financial assisten BPR dan technical assisten BPR.

Kedua belah pihak menyadari bahwa sebuah kerja sama jauh akan memberikan manfaat ketimbang dilakukan secara sendiri-sendiri. “Bagai pepatah jika ingin cepat lakukan sendiri, tetapi jika ingin lakukan jauh lebih mudah lakukan bersama-sama,” katanya.

AA Sudiptha Panji menambahkan, BPR dan BPD Bali sama-sama milik masyarakat Bali. Melalui kerja sama dan sinergi BPR dan bank umum sudah sewajarnya dilakukan sebagai wujud idealisme perjuangan yang cukup strategis dalam menghadapi zaman milenial yang berbasis digital. *kup

BAGIKAN