Lomba Perahu Layar Tradisional Meriahkan NPF V 2019

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melepas peserta lomba perahu layar tradisional di Pelabuhan Sampalan, Kecamatan Nusa Penida

21
TRADISIONAL - Peserta sedang beraksi pada lomba perahu layar tradisional di Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida, serangkaian Nusa Penida Festival 2019.

Semarapura (bisnisbali.com) – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melepas peserta lomba perahu layar tradisional di Pelabuhan Sampalan, Kecamatan Nusa Penida, Selasa (8/10). Lomba yang diikuti delapan peserta ini digelar selain untuk memeriahkan Nusa Penida Festival 2019, juga untuk melestarikan jukung tradisional serta mendukung atraksi pariwisata yang tengah berkembang pesat di Nusa Penida.

Untuk meningkatkan jumlah peserta pada tahun depan, Bupati Suwirta berjanji akan meningkatkan jumlah hadiah uang. “Tujuannya untuk mendukung pariwisata di Nusa Penida melalui atraksi-atraksi seperti ini. Saya berharap antusiasme para joki untuk mengikuti lomba perahu ini tahun depan akan semakin meningkat karena hadiah uang akan saya lipat gandakan. Inilah saatnya para joki/nelayan untuk turut berpartisipasi meramaikan dan menarik wisatawan lewat atraksi/lomba ini,” ujar Suwirta disambut tepuk tangan seluruh peserta.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba Putu Rai Sudarta mengatakan dari total 8  peserta, 6 peserta diantaranya berasal dari Desa Batununggul dan Desa Suana serta 2 peserta berasal dari Seraya, Kabupaten Karangasem. Dalam lomba ini joki/nelayan diuji keahliannya mengarahkan jukung dengan layar.

“Peserta diharuskan melewati bendera yang dipasang di Pantai Suana. Apabila tidak sampai melewati bendera tersebut dinyatakan diskualifikasi,” ungkap Sudarta.

Lima peserta lomba jukung tercepat yang berhasil melewati rute dan kembali sampai finish di Pelabuhan Sampalan akan ditetapkan sebagai juara. Mereka nantinya akan diurut dan memperoleh hadiah sesuai kecepatan waktu tempuh. Juara 1 memperoleh hadiah Rp5 juta, juara 2 meraih Rp4 juta, juara 3 meraih Rp3 juta, juara 4 meraih Rp2 juta dan peringkat kelima dengan hadiah sebesar Rp1 juta. *dar

BAGIKAN