Kembangkan Keahlian Tata Rias melalui Salon Desa

Saat ini banyak masyarakat khususnya kaum perempuan sangat tertarik dengan dunia tata rias.

13
Pengembangan salon desa dengan dukungan permodalan Pemkab Gianyar dan Bumdes.

Gianyar (bisnisbali.com) -Saat ini banyak masyarakat khususnya kaum perempuan sangat tertarik dengan dunia tata rias. Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra baru-baru ini mengatakan kaum perempuan di Gianyar bisa mengembangkan keahlian tata rias melalui salon desa

Dikatakannya, upaya pengembangan salon desa melibatkan kaum perempuan yang ingin mengembangkan keahlian di bidang tata rias. Ini  terlihat dari banyaknya kader PKK yang mengikuti pelatihan-pelatihan dilaksanakan TP PKK Gianyar selama ini.
“Jika kita memulai sesuatu perlu kesabaran dan butuh proses, lakukan dengan sungguh-sungguh niscaya hasilnya pun baik,” ucap Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra.
Ni Wayan Subekti, pengelola Salon Desa Bresela mengatakan, pengelolaan Salon Desa Bresela selama ini dilakukan secara profesional dan berada di bawah naungan bumdes. Dari segi permodalan, selain dari Pemkab Gianyar juga mendapat bantuan permodalan salon desa dari bumdes. Dalam hal pemberdayaan masyarakat yang memiliki keterampilan bidang tata rias, salon desa telah memberdayakan tenaga tata rias tersebut dengan sistem freelance.
“Kami berterima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra dan Pemkab Gianyar atas program yang telah diluncurkan ini yakni karena ini sangat dirasakan oleh masyarakat terutama menambah penghasilan keluarga,” imbuh Wayan Subekti.
Tahun 2018, Salon Desa Bresela tercatat telah mampu menghasilkan laba kotor sebesar Rp45 juta lebih dengan total pendapatan bersih sebesar Rp29 juta lebih.
“Selain bantuan tambahan modal sampai Oktober 2018, kita juga dibantu oleh bumdes untuk biaya operasional salon. Selanjutnya, mulai November kita bebankan di unit usaha salon desa, sehingga tidak membebani bumdes lagi,” imbuh Wayan Subekti.*kup

BAGIKAN