I Made Gianyar Berjuang Tingkatkan PAD

Kabupaten Bangli sebagai daerah penyangga dan penghasil air bersih di Provinsi Bali,

16

SELAMA ini Kabupaten Bangli sebagai daerah penyangga dan penghasil air bersih di Provinsi Bali, belum mendapat perhatian yang cukup dari Pemerintah Provinsi Bali maupun kabupaten/kota lainnya yang memanfaatkan air dari Bangli.

“Kalau bisa saya contohkan, selama ini Kabupaten Badung dan beberapa kabupaten lainnya menggunakan air bersih dari Bangli untuk kepentingan pariwisata dan mendapatkan pemasukan dari menjual air. Di sisi lain, Kabupaten Bangli sebagai daerah penghasil air tidak dapat apa-apa. Nah, asas keadilan inilah yang sedang kita perjuangkan, sehingga  peran penting Bangli sebagai daerah penyangga di Bali mendapat perhatian khusus,” katanya.

Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangli, Bupati Bangli I Made Gianyar saat ini sedang berupaya mengejar pendapatan daerah dari sektor sumber daya alam dalam hal ini air.

Ia berpendapat, selama ini Kabupaten Bangli sebagai daerah penyangga dan penghasil air bersih di Provinsi Bali, belum mendapat perhatian yang cukup oleh Pemprov Bali maupun kabupaten lainnya di Bali. Padahal, mereka menggunakan sumber air yang ada di Kabupaten Bangli.

Bupati Made Gianyar juga mengaku sudah memerintahkan Bagian Ekonomi dan PDAM Bangli untuk mengecek PDAM mana saja yang mengambil sumber air dari Bangli. “Nanti semua yang menggunakan air dari Bangli akan kita surati. PDAM yang menggunakan air dari Bangli harus ada kerja sama dengan PDAM Kabupaten Bangli. Misalkan PDAM Kabupaten Gianyar pakai air Bangli, terus dijual empat ribu per meter kubik, PDAM Bangli juga harus dapat persentase. Tidak harus lima puluh persen, lima puluh persen. Paling tidak dari empat ribu, Bangli kebagian seribu rupiah,” katanya.

Untuk memantapkan rencana mengejar pendapatan dari sektor air dan lingkungan, ia mengaku sudah menugaskan dua tim untuk mendalami kerja sama antara  DKI Jakarta dan Bogor.

Di salah satu pasal RTWR Provinsi Bali, Made Gianyar juga sudah mengusulkan satu pasal, agar sebagai daerah konservasi, udara bersih dan air bersih yang dihasilkan oleh Kabupaten Bangli, diberikan kontribusi oleh kabupaten/kota yang menikmatinya. Dengan upaya memperjuangkan kontribusi air oleh kabupaten/kota diharapkan Bangli akan mendapatkan tambahan PAD yang selama ini masih tergolong sangat kecil untuk operasional pemerintahan dan pembangunan di Bangli, apalagi sebentar lagi dirinya akan mengakhiri masa tugasnya, sehingga penting baginya untuk bisa memberikan yang terbaik untuk Bangli. *ita

BAGIKAN