Bahas Masalah dan Solusi Terkini LPD Se-Kota Denpasar Ikuti Bimtek

Kegiatan diikuti Kepala LPD se-Kota Denpasar dengan mendatangkan pemateri dari Lembaga Pemberdayaan (LP)-LPD Provinsi Bali serta pemerhati LPD, AA Rai Astika.

71
BIMTEK - Foto bersama kepala LPD se-Kota Denpasar usai mengikuti bimtek

LPD se-Kota Denpasar mengikuti bimbingan teknis (bimtek), Kamis (3/10). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Puri Nusa Indah Denpasar ini membahas permasalahan dan solusi pemecahan masalah yang terjadi saat ini.

Kegiatan diikuti Kepala LPD se-Kota Denpasar dengan mendatangkan pemateri dari Lembaga Pemberdayaan (LP)-LPD Provinsi Bali serta pemerhati LPD, AA Rai Astika.

Ketua BKS-LPD Kota Denpasar, I Wayan Rayun saat ditemui usai kegiatan mengatakan, secara spesifik kegiatan ini membahas soal kesehatan LPD serta permasalahan kredit yang terjadi saat ini. “Hal ini merupakan program rutin dari LP-LPD Provinsi Bali setiap tahunnya yang menyasar setiap kabupaten/ kota di Bali dan disesuaikan dengan permasalahan di tiap daerah,” ujarnya.

Di Denpasar sendiri, kata Wayan Rayun, menggelar bimtek yang mendiskusikan berbagai pemasalahan yang terjadi. Pada dasarnya, LPD se-Kota Denpasar secara rutin melakukan pertemuan setiap bulannya yang membahas masalah dan upaya pemecahan masalah. Dengan diadakannya bimtek ini, diharapkan menjadi pengetahuan baru bagi kepala LPD dalam pengelolaan di masing-masing LPD nantinya.

Sementara itu, pemerhati LPD, AA Rai Astika yang menjadi narasumber pada kegiatan ini mengatakan, pihaknya memberikan materi terkait penanggulan kredit bermasalah di LPD. Salah satu hal yang dibicarakan adalah terkait pedoman dari LP-LPD yang nantinya dijabarkan menjadi pararem selanjutnya SOP di LPD terkait penyaluran kredit. Pedoman ini kata Astika, dapat dijadikan patokan yang berisi tata cara analisa pemberian kredit dengan prinsip kehati-hatian hingga tata cara penanganan kredit bermasalah. “Dengan adanya pedoman ini, bisa dijadikan bahan untuk mencari solusi terkait permasalahan kredit di LPD,” katanya. *wid

BAGIKAN