Tabungan ”Pecingkreman” paling Diminati di LPD Kesiman

27
TRANSAKSI – Layanan transaksi di LPD Desa Adat Kesiman.

LPD Desa Adat Kesiman, Denpasar memiliki berbagai program tabungan yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Tabungan pecingkreman menjadi program tabungan yang paling diminati masyarakat Desa Adat Kesiman.

Kepala LPD Desa Adat Kesiman, I Wayan Rayun, saat ditemui belum lama ini mengatakan, tabungan pecringkreman ini biasanya difungsikan masyarakat untuk persiapan hari raya. Seperti Galungan dan Kuningan yang datang setiap enam bulan sekali.

Program tabungan ini, kata Rayun, merupakan jenis tabungan berjangka dengan pembayaran sesuai jangka waktu yang diinginkan. ”Misalnya dalam kesepakatan memilih bayar per bulan, maka nasabah akan membayar setiap bulannya. Tabungan akan cair pada waktu yang diinginkan. Biasanya Galungan,” ujarnya.

Ia mengatakan, program tabungan ini sangat membantu menyiapkan kebutuhan masyarakat jelang hari raya, melihat kebutuhan hari raya cukup banyak. Awal mula program tabungan ini dibangun, melihat kegiatan masyarakat yang membentuk kelompok untuk membuat pecingkreman. Melihat hal tersebut, menjadi sebuah potensi yang bagus untuk dikembangkan dan memang benar, tabungan ini menjadi program yang paling diminati di LPD Desa Adat Kesiman.

Ketertarikan masyarakat dengan program ini dapat dilihat dari jumlah likuiditas yang disiapkan LPD Desa Adat Kesiman jelang Galungan Juli lalu mencapai Rp2 miliar. “Jelang Galungan lalu, likuiditas yang kami siapkan mencapai Rp4 miliar. Rp2 miliar dianggarkan untuk program tabungan pecingkreman itu,” katanya.

Menurut Rayun, animo masyarakat sangat tinggi dengan program tabungan ini. Keberadaan program ini membuat transaksi di LPD Desa Adat Kesiman jelang Galungan meningkat 20 persen dibandingkan hari-hari biasa. Masyarakat pun dimudahkan, yang LPD Desa Adat Kesiman memiliki layanan jemput bola terhadap program tabungan pecingkreman ini.

Selain tabungan pecingkreman, beberapa program tabungan lainnya juga dimiliki. Seperti, tabungan Tri Hita Karana (program upcara adat) yang difungsikan untuk upacara ngaben, pernikahan atau sebagainya. Selain itu ada juga program tabungan hari tua dan program tabungan pelajar. *wid

BAGIKAN