”Darma Yatra” BKS LPD Buleleng dan Bank BPD Bali Diikuti 287 Peserta Wujud Syukur dan Bakti kepada Leluhur  

29
Made Nyiri Yasa, S.Sos, M.MA bersama dengan Romo Sepuh Medang Kamulan.   

BKS LPD Kabupaten Buleleng kembali melaksanakan kegiatan darma yatra yang merupakan agenda tahunan BKS LPD Kabupaten Buleleng.

Darma yatra kali ini menyasar tiga lokasi pura yang ada di Jawa Timur di antaranya Pura Penataran Luhur Medang Kamulan yang ada di Desa Mondoluku, Kecamatan Waringin Anom, Kabupaten Gresik Surabaya  Jawa Timur, Pura Batu Arjuno yang ada di Kota Batu, Malang dan Pura Agung Blambangan, Banyuwangi.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dua malam mulai Jumat (27/9) – (29/9) ini diikuti kepala LPD dan sejumlah pengurus LPD se-Kabupaten Buleleng, Lembaga Pemberdayaan Lembaga Perkreditan Desa (LP-LPD) Kabupaten Buleleng, tim pembina LPD, Bank BPD Bali Cabang Seririt dan Singaraja serta krama dari masing-masing LPD yang ada di Buleleng.

Suksesnya kegiatan darma yatra kali  ini juga tidak terlepas dari kerja sama yang sudah terjalin erat dengan Bank BPD Bali Cabang Singaraja dan Cabang Seririt selaku mitra kerja LPD, dihandel oleh Mahartha Tour Jalan Tekukur IV No. 5 Singaraja – Bali.

Ketua BKS LPD Kabupaten Buleleng, I Made Nyiri Yasa, S.Sos., M.MA., mengatakan, tujuan dari kegiatan ini selain untuk meningkatkan kerja sama dan komunikasi antara pengurus LPD dan mitra kerja LPD, juga untuk menjaga keseimbangan antara sekala dan niskala salah satunya melakukan persembahyangan yang ditujukan kepada para leluhur yang berada di tanah Jawa yakni Pura Medang Kamulan. “Kami meyakini sejarah yang ada, bahwa leluhur kita juga ada di Tanah Jawa salah satunya Pura Medang Kamulan ini, demikian juga dalam pengelolaan LPD dari sisi niskala, tanpa restu leluhur kita tidak akan bisa mengelola LPD dengan baik. Oleh karena itu, setiap tahunnya kita rutin melaksanakan kegiatan darma yatra baik di Bali maupun di luar Bali sebagai rasa syukur dan terimakasih kita kepada leluhur,” katanya.

Dalam kesempatan ini, pihaknya menegaskan anggaran kegiatan darma yatra ini bersifat swadaya dari masing-masing LPD di Buleleng dan sponsor dari Bank BPD Bali Cabang Singaraja dan Seririt. Dalam hal ini BKS LPD sebagai wadah penampung aspirasi para pengelola LPD se-Kabupaten Buleleng, kegiatan ini merupakan aspirasi dari para pengelola LPD yang sudah didahului dengan rapat koordinasi dan persiapan yang matang. “Jangan sampai salah persepsi, kegiatan ini bersifat swadaya dan BKS LPD memotivasi, jadi tidak ada istilah menghambur-hamburkan uang, jadi BKS LPD betul – betul menjadi suatu wadah menampung aspirasi para pengelola LPD,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja Made Sudarma dalam kesempatan itu menyampaikan selamat atas suskesnya kegiatan darma yatra yang dilaksanakan BKS LPD Kabupaten Buleleng. Pihaknya mengapresiasi antusiasme peserta dari 169 LPD yang turut serta dalam kegiatan ini. “Luar biasa sekali, kegiatan ini berjalan dengan baik mengedepankan kerja sama dan persatuan, ibarat orang tua dan anak ke mana LPD di sana ada Bank BPD Bali,” katanya. *ira

BAGIKAN