Kredit Kendaraan Jadi Daya Tarik LPD Guwang  

16
LPD - Layanan transaksi di LPD Desa Adat Guwang.

LPD Desa Adat Guwang memiliki berbagai program kredit yang memberi pilihan kepada masyarakat. Program kredit pembelian kendaraan menjadi program menarik bagi masyarakat.

Kepala LPD Desa Adat Guwang, I Wayan Wita mengatakan, tidak hanya program kredit kendaraan sepeda motor, LPD Desa Adat Guwang juga menyediakan program kredit pembelian mobil. Namun, untuk kredit pembelian mobil yang baru diluncurkan tahun 2019 ini masih belum terlalu diminati, seperti kredit sepeda motor.

Ia mengatakan, program kredit kendaraan khususnya sepeda motor sudah berjalan sejak 2012 lalu. Suku bunga yang diberikan lebih ringan yaitu 1,5 persen per bulan dari suku bunga normal yaitu 1,8 persen. Saat ini suku bunga untuk pembelian sepeda motor pun dikatakannya lebih murah yaitu 1,3 menurun. “Awal diluncurkan program kredit sepeda motor ini, suku bunga yang diberikan 1,5 persen. Sejak tahun 2017 lalu kembali kami sesuaikan yang saat ini menjadi 1,3 persen,” ujarnya.

Hal ini yang membuat program kredit pembelian sepeda motor menarik bagi masyarakat. Di samping itu, menyiasati persaingan suku bunga saat ini, suku bunga kredit secara umum di LPD Desa Adat Guwang juga menyesuaikan. LPD Desa Adat Guwang juga memberikan suku bunga 1,3 persen untuk kredit secara umum.

Meski suku bunga kredit turun yang diikuti oleh penurunan suku bunga dana pihak ketiga (DPK) tidak memberi pengaruh terhadap jumlah DPK yang masuk. Hal ini kata Wayan Wita, dikarenakan kepercayaan masyarakat kepada LPD Desa Adat Guwang yang telah mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat. *wid

BAGIKAN