Dukung Ketersediaan Pangan Ikan Plt. Kadis Perikanan Badung Terima Kartu KUSUKA dari KKP

17
ist KUSUKA - Plt. Kadis Perikanan Badung I Made Badra menerima Kartu KUSUKA dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui PT Bank Negara Indonesia yang selanjutnya diserahkan ke kelompok perikanan se-Kabupaten Badung, di Puspem Badung, Selasa (24/9) kemarin.

Mangupura (bisnisbali.com) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui PT Bank Negara Indonesia (BNI) cabang Renon Denpasar menyerahkan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) kepada Pemerintah Kabupaten Badung diwakili Plt. Kadis Perikanan I Made Badra yang selanjutnya diserahkan ke kelompok perikanan se-Kabupaten Badung, bertempat di ruang pertemuan Dinas Perikanan Kabupaten Badung, Selasa (24/9) kemarin.

Plt. Kadis Perikanan Kab Badung I Made Badra menyampaikan apresiasi karena pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan yang difasilitasi oleh BNI cabang Renon Denpasar memberikan fasilitas kartu berbasis data “KUSUKA”. Kartu ini merupakan fasilitas yang berbasis data dari KKP yang nantinya dimanfaatkan oleh para pelaku utamanya dari perikanan dan kelautan. Data ini akan menjadi suatu bahan monitoring bagi dinas terutama menyangkut masalah sarana dan prasarana serta nantinya untuk menyusun suatu program untuk meningkatkan produktivitas di sektor perikanan. Dengan adanya kartu KUSUKA ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan dan mendukung sektor pariwisata dalam rangka penyediaan pangan yang berasal dari ikan. Kartu KUSUKA merupakan salah satu dari banyak bagian program satu data Kementerian Kelautan dan Perikanan. Berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 39/Permen-KP/2017 tentang kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan diharapkan kepada kelompok-kelompok nelayan, pembudi daya ikan, pemasaran, pengolah dan pengusaha hasil perikanan diwajibkan untuk memiliki kartu KUSUKA. Semua kelompok perikanan yang ada di Kabupaten Badung agar dipastikan semua administrasinya teregestrasi di kartu KUSUKA yang nantinya akan memudahkan untuk pemantauan dan evaluasi dari program kementerian.

Ketua Panitia Kabid PUP Kadek Andika Dwi Arisanti melaporkan penyerahan kartu KUSUKA kepada kelompok-kelompok perikanan yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Badung. Adapun fungsi dari kartu KUSUKA adalah sebagai identitas pelaku usaha kelautan dan perikanan, basis data untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan, pelayanan dan pembinaan pelaku usaha kelautan dan perikanan dan sarana untuk pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program kementerian. Untuk di kabupaten Badung tahun 2019 telah dicetak 216 buah kartu KUSUKA dari 5 kecamatan yang telah divalidasi dan dari jumlah kelompok 224 dengan jumlah anggota 5.554 orang. Sisanya akan verifikasi setiap tahun sampai semua kelompok perikanan di kabupaten Badung memiliki Kartu KUSUKA.

Pimpinan BNI cabang Renon AAA Oka Widiasih menyampaikan BNI Cabang Renon mendapat kepercayaan untuk mendistribusikan kartu KUSUKA di Kabupaten Badung. Ini merupakan pendistribusian perdana kartu KUSUKA. Mudah-mudahan selaku bank yang dipercaya bisa mendukung program pemerintah dalam hal ini bagaimana bisa untuk mempercepat proses pendistribusian ke kelompok-kelompok perikanan. *adv

BAGIKAN