Dinas Kebakaran Badung Dapat Pelatihan ”Rescue” dari Prancis

19
RESCUE - Wabup Suiasa disaat membuka Pelatihan Rescue dari Prancis, Senin (23/9) di Puspem Badung.

Mangupura (bisnisbali.com) –Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebakaran dan Penyelamatan bekerja sama dengan Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran  Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri melaksanakan pelatihan, Senin (23/9) kemarin di Puspem Badung.

Pelatihan dibuka Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dengan pengalungan bunga. Acara ini mendatangkan pelatih dari Prancis di bawah pimpinan Jenderal Erick Peuch selaku Atase Pertahanan Sipil Prancis beserta tim rescuenya. Turut hadir pada kesempatan itu Dirjen Bina Administrasi kewilayahan Kemendagri  RI Zafrisal, Z.A., Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta selaku Ketua Asosiasi Kepala Dinas Kebakaran se-Indonesia,  anggota DPRD Badung I Wayan Loka Astika, Kepala Basarnas Denpasar serta kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengatakan, upaya penyelamatan kebakaran ini merupakan komitmen Pemkab Badung melalui keluarga besar Dinas Kebakaran dan Penyelamatan untuk selalu siap siaga untuk memberikan penyelamatan dan  pelayanan publik bidang kebencanaan kepada masyarakat di Badung. Oleh karena demikian, dalam mempertahankan operasional yang baik, sangat diperlukan sumber daya aparatur yang memiliki kualitas dan kapasitas yang baik. Perkembangan ilmu tentang kebakaran ini demikian pesatnya di tingkat internasional, apalagi sekarang ini pola-pola penanganannya sudah mengarah kepada digital maka ketertinggalan ini harus dikejar. Untuk itu, di samping membutuhkan pengalaman instuktur yang profesional dan terima kasih disampaikan atas iktikad baik dari Pemerintah Prancis.

Sementara itu Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung I Wayan Wirya mengatakan, kejadian kebakaran dan bencana lainnya terjadi selama ini membawa dampak kerugian yang sangat besar baik itu harta benda maupun jiwa manusia, yang disertai adanya dampak psikologis dari kejadian tersebut. Pada 2018 jumlah kebakaran terjadi 200 kali, sedangkan tahun 2019 sampai hari ini 212 kali. Lebih lanjut dikatakan maksud dan tujuan diadakannya acara pelatihan penyelamatan (rescue) di Kabupaten Badung untuk meningkatkan keterampilan personel Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung. Kedua dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan penyelamatan (rescue) mulai dari korban harta benda dan jiwa kepada masyarakat. *adv

BAGIKAN