Nasi Goreng ’’Sune Cekuh’’ ala Kubu Hobbit Pedawa Bangkitkan Cita Rasa khas Bali  

30

Singaraja (bisnisbali.com) – Pada umumnya, tampilan warna nasi goreng yang kita kenal berwarna coklat kemerahan hasil perpaduan dari bumbu racikan khusus, kecap manis dan saos tomat yang membuat rasa nasi goreng itu menjadi lebih gurih.

Namun bagimana jika tampilan nasi goreng berwarna kuning. Nasi goreng yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka para pendahulu kita. Di Bali nasi goreng ini dikenal dengan nasi goreng bumbu bali, yang bumbunya terbuat dari bahan – bahan rempah sederhana seperti kencur, kunyit dan bawang putih. Atau masyarakat Bali menyebutnya dengan nasi goreng sune cekuh.

Nasi Goreng bumbu bali ini pun cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara, karena nasi goreng ini diolah khusus tanpa menggunakan kecap atau saos. Warna kuning dihasilkan dari warna kunyit yang terdapat dalam bumbu tersebut. Sehingga tidak heran, nasi goreng bumbu bali ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan menonjolkan cita rasa bumbu khas balinya.

Tidak terkecuali di kedai makan Kubu Hobbit Pedawa ini salah satunya. Objek wisata yang berada di kawasan pedesaan ini sangat kental dengan nuasa klasiknya. Bahkan sajian kulinernya pun tidak kalah klasik, karena selain menyajikan makanan khas Desa Pedawa dan aneka olahan jajanan tradisional. Juga terdapat menu makanan berupa nasi goreng sune cekuh.

Disajikan dengan tatanan ala restoran lengkap dengan telur goreng, krupuk, ayam bumbu bali, nasi goreng sune cekuh ala Kubu Hobbit Pedawa ini semakin menggugah selera makan, ditambah dengan sejuknya pemandangan di kawasan objek wisata yang terkenal dengan rumah – rumah ala kurcaci ini.

“Kita memang sengaja menyajikan menu – menu khas Bali khususnya ala Desa Pedawa jadi ini sebagai upaya melestarikan kuliner – kuliner khas Bali dan Buleleng pada khususnya di masyarakat khususnya wisatawan,” terang Ketut Sudiarta owner Kubu Hobbit Pedawa ketika diwawancarai Bisnis Bali Sabtu lalu.

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi nasi goreng suna cekuh ini relatif murah. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin mencicipi aneka menu olahan di Kedai Kubu Hobbit Pedawa ini. *ira

BAGIKAN