Ketut Sudiarta Rancang Wisata Agro Vanili

67
Lokasi Agro Wisata Vanili di kawasan Objek Wisata Kubu Hobbit oleh Ketut Sudiarta masih dalam tahap penataan.   

Singaraja (bisnisbali.com) – Setelah Kubu Hobbit dan Pengolahan Kopi khas Desa Pedawa dengan brand Kopi Moola Pedawa, kini Ketut Sudiarta seorang wirausaha sekaligus salah satu pelaku pariwisata kembali membuat terobosan baru untuk menopang sektor pariwisata khususnya di Desa Pedawa.

Pria asal Desa Pedawa, salah satu dari lima desa Bali Aga yang berlokasi di Kecamatan Banjar, Buleleng saat ini sedang disibukkan dengan penataan lahan di kawasan Objek Wisata Kubu Hobbit seluas 1,7 are menjadi wisata agro vanili.

Alasan memilih vanili, diungkapkan Ketut Sudiarta selain bisa ditata dengan konsep semi modern, vanili juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran. “Jadi kita maksimalkan lahan yang masih kosong, vanili itu juga indah layaknya anggrek,” jelas Ketut Sudiarta belum lama ini.

Tujuan membuat wisata agro ini tidak lain sebagai bentuk inovasi di bidang pariwisata sekaligus memperkenalkan potensi pertanian yang ada di Buleleng khususnya Desa Pedawa. Menurutnya bergerak di bidang pariwisata  inovasi itu sangat diperlukan sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke Desa Pedawa.

“Jadi kita pantau ketika kunjungan wisatawan sudah berada pada titik puncak, itu artinya sudah berada pada titik jenuh dan saat itu pula kita memiliki produk yang baru sebagai bentuk inovasi,” jelasnya.

Rencananya wisata agro vanili akan dibuka pada 2020 mendatang. Sejak dibudidaykan dari tiga bulan lalu hingga saat ini ia mengaku masih dalam tahap penataan. “Karena sejatinya sifat dari tanaman vanili ini sangat riskan terhadap lingkungan riskan terinjak karena kita budidayakan secara konvensional di lahan sempit, kita masih lakukan penataan sebelum nantinya kita grand opening,” tuturnya.

Nantinya yang lebih ditonjolkan dari wisata agro vanili ini adalah sisi edukasi kepada pengunjung, mulai dari teknik budi daya vanili yang benar, mengenal bagaimana vanili dan olahannya hingga mengenal sejauh mana peluang bisnis dari tanaman yang mendapat julukan emas hijau ini.

 “Jadi selain kopi yang sudah kita konsep dari awal berdirinya Kubu Hobbit ini sebagai wisata unggulan kita disini, kita juga akan perkenalkan vanili sebagai salah satu produk pertanian yang cocok di budidayakan di Desa Pedawa,”imbuhnya. *ira

BAGIKAN