Program Penghijauan Optimalkan Pengelolaan Lingkungan di Danau Buyan

17
Bupati Buleleng mengikuti kegiatan penanaman pohon serangkaian program kerja Kodim 1609/Buleleng dan Hari Ulang Tahun (HUT) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng.

Singaraja (bisnisbali.com) -Salah satu upaya mendukung program  pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakat, adalah pengelolaan lingkungan hidup di antaranya penghijauan.

Seperti halnya penanaman pohon serangkaian program kerja Kodim 1609/Buleleng dan Hari Ulang Tahun (HUT) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng ke 33 belum lama ini. Program penghijauan hutan ini diselenggarakan di kawasan Danau Buyan, Kecamatan Sukasada.

Komandan Kodim 1609/Buleleng Letkol Inf. Verdy De Irawan, S.H., M.Tr (Han)  menjelaskan,  program ini terkait gerakan nasional rehabilitasi hutan serta menjaga keseimbangan alam dan lingkungan. Penghijauan bumi sangat diharapkan saat ini dan di masa yang akan datang untuk dapat dinikmati generasi penerus dimasa mendatang. “Kita harus menjaga alam agar alam juga menjaga kita,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST. Ia menganggap perlunya menjaga keseimbangan alam khususnya di kawasan hutan Danau Buyan ini. Ia merasa sangat bangga dan berterima kasih kepada Kodim 1609/Buleleng dan Para staf PDAM Buleleng serta seluruh pihak yang terlibat dalam acara penanaman pohon ini.

 Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian khusunya di Danau Buyan ini. Dengan upaya yang dilakukakan untuk melestarikan daerah Kabupaten Buleleng seperti penataan Danau dan penanaman pohon, Suradnyana berharap alam Buleleng senantiasa terjaga keseimbangannya dan mampu mensejahterakan masyarakat khususnya di bidang pertanian dan pariwasata Danau.

“Pemkab Buleleng akan bersikap tegas terhadap pihak-pihak yang ingin merusak alam Buleleng dan akan memperketat masalah izin tentang penggunaan wilayah hutan agar tetap lestari,” tegasnya.

Hal itu dilakukannya selain untuk mensejahterakan rakyat juga mengurangi risiko yang ditimbulkan akibat bencana alam.  *ira

BAGIKAN