Diskop Denpasar Libatkan Dua UMKM di Pameran Kriyanusa, Dalam Lima Hari Kumpulkan Omzet Rp42 Juta

12
Kadis Koperasi Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena (2 dari kanan), Kabid UKM Ngakan Putu Wiadnyana (paling kiri)  foto bersama pada ajang pameran Kriyanusa.

Denpasar (bisnisbali.com) – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar mengikutsertakan dua UMKM binaannya dalam pameran Kriyanusa yang digelar di Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta pada 11-15 September lalu. Keikutsertaan dalam salah satu ikon pameran kerajinan terbesar yang digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ini tentunya mampu mendongkrak promosi produk serta memberikan wawasan bagi pelaku UMKM dalam pengembangan inovasinya.

“Pameran Kriyanusa menjadi event yang kita nanti untuk kembali menampilkan dan melibatkan UMKM Denpasar dalam rangka mempromosikan produknya,” ujar Kadis Koperasi dan UMKM Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena didampingi Kabid UKM Ngakan Putu Wiadnyana, saat ditemui di Denpasar,  Selasa (17/9).

Menurut Erwin, Denpasar mengirim 6 pelaku UMKM dalam event nasional ini. Dari 6 pelaku UMKM tersebut, dua di antaranya merupakan binaan dari Dinas Koperasi dan UMKM. Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan pameran terintegrasi, yang bersinergi dengan Dekranasda dan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Kota Denpasar.

Dua pelaku UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM yang diikutsertakan dalam event yang berlangsung selama 5 hari ini, yaitu Wandiri Bags dan Shoes Collection dan Vajra Silver. Selama 5 hari tersebut omzet yang mampu dikumpulkan kedua UMKM tersebut, kata Erwin, mencapai Rp42 juta lebih.

Kesempatan ini bagi para UMKM tidak saja menjadi ajang berpameran produk, namun mampu memberikan peningkatan wawasan dengan melihat hasil kreativitas produk UMKM daerah lainnya di Indonesia. “Dengan keterlibatan UMKM Denpasar pada Kriyanusa, produk dapat lebih dikenal dan pelaku UMKM juga dapat memperoleh wawasan untuk inovasi produk selanjutnya,” ujarnya.

Denpasar memiliki produk UMKM yang kaya corak dan warna serta khas dengan sentuhan kreativitas dan inovasi lewat binaan-binaan yang rutin digelar bersama OPD lainnya. “Lewat event Kriyanusa juga kami berkeinginan produk UMKM Denpasar  lebih dikenal terlebih pada pasar nasional, di samping gelaran promosi di tingkat daerah,” katanya.

Untuk diketahui, Pameran Kriyanusa 2019 merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Dekranas ke-39. Pameran ini diselenggarakan Dekranas secara berkala dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat. *adv

BAGIKAN