Warna Cat Dinding Pengaruhi Lingkungan Rumah  

41

JIKA melihat tren saat ini, ada kecenderungan perubahan selera di mana para pemilik rumah menganggap plafon yang tinggi dapat diaplikasikan di ruang dengan area luas maupun terbatas. Untuk area terbatas atau sempit diyakini bisa membuat rumah terlihat luas, tapi ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya tepat.

Ruang sempit yang disandingkan dengan plafon tinggi, bisa membuat nilai kenyamanannya hanya sementara dan malah menimbulkan masalah. Mulai dari debu menumpuk di langit-langit yang sulit dibersihkan, hingga ribetnya memilih furnitur yang tepat agar sinkron dengan tingginya plafon.

Solusi lain untuk menjauhkan kesan sempit dari rumah hunian bisa dilakukan dengan mengaplikasikan warna cat dinding yang ideal. Warna cat yang tepat juga dipercaya mampu membawa energi baik untuk rumah sekaligus meningkatkan produktivitas anggota keluarga.

“Punya ruang sempit bukan berarti kita harus berkecil hati. Justru, keuntungan yang didapat adalah kita bisa mengatur interior rumah lebih simple, selain bisa memilih banyak warna cat dinding lain selain putih.

Biasanya warna pastel atau kalem yang bisa dipilih apabila ruangan dalam rumah sempit. Selain itu memadukan dua warna juga bisa jadi solusi untuk membuat ruangan nyaman dan tidak membosankan,” ungkap Agus Karmadi salah seorang kontraktor dan desain interior.

“Kuncinya adalah tahu bagaimana cara menyeimbangkan warna netral dengan warna lembut agar nuansa ruang tidak berlebihan,” tuturnya.

Terdapat lima warna lain yang juga dipaparkan untuk membuat ruang terasa lega ketika diterapkan pada dinding. Meliputi Coastal Fog, Navy Masterpiece, Geyser, Colonial Aqua, dan Stonehenge Greige. Koleksi warna abu-abu dan biru dapat menghasilkan ilusi mata dengan melihat ruang lebih luas daripada aslinya.

Selama ini, warna terang selalu disarankan sebagai alternatif pilihan bagi pemilik rumah dengan luas bangunan yang terbatas. Akan tetapi kurang tepat bila Anda mewarnai semua permukaan dinding dengan warna putih tanpa kombinasi warna apapun. Hal ini justru menimbulkan kesan monoton.

“Terlebih untuk desain rumah sederhana, biasanya dibutuhkan perpaduan dua sampai tiga warna cat dinding yang disesuaikan dari plafon, prabot rumah dan lantai,” ungkap Agus Karmadi.

Di area lantai, beberapa orang lebih menyukai penggunaan karpet karena bisa menjadi alternatif perpaduan warna agar terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Perpaduan cat warna yang tepat juga menunjukkan kalau penghuninya memiliki selera yang tinggi serta kreatif meskipun rumah huniannya tidaklah luas, hal ini juga diyakini mampu memberikan efek tenang bagi penghuninya sehingga saat lelah beraktivitas diluar rumah bisa terobati saat pulang ke rumah. *ita

BAGIKAN