Puri Nyalian Diperkenalkan Jadi Objek Wisata

13
WISATA - Kesenian Bali ditampilkan di Puri Ageng Nyalian guna mendukung pengembangan wisata desa.

Semarapura (bisnisbali.com) –Dalam mengembangkan wisata desa, pariwisata budaya harus dikolaborasikan dengan wisata alam yang menawarkan keindahan. Hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menghadiri acara Prani Royal Dinner Puri Ageng Nyalian bertempat di Pemedal Merajan Agung Puri Ageng, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Minggu (15/9).

Suwirta menegaskan, tak seperti makan cabai, gagasan ini tidak hanya di awal, tetapi butuh proses. Kejayaan Klungkung akan kembali asalkan semua pihak bisa menggali, memanfaatkan serta mengembangkan dan memelihanya.

“Wajib hukumnya kita sebagai orang Klungkung untuk mengembalikan kejayaan budaya peradaban Bali dengan menonjolkan semua orang Bali itu asal muasalnya dari Klungkung, dengan mengembangkan potensi yang ada di  tiap desa,” ujar Suwirta.

Bendesa Adat Nyalian, Cokorda Brasika yang sekaligus penggagas wisata desa ini mengatakan acara ini diadakan untuk memperkenalan sekaligus mengembangkan potensi Desa Nyalian dan memperkenalkan objek wisata yang ada di Desa Nyalian sehingga menjadi wisata desa yang dipusatkan di Puri Ageng Nyalian.

“Acara ini sebagai awal untuk memperkenalkan serta mengangkat potensi wisata di Desa Nyalian, yang memiliki kekhasan atau penonjolan karakteristik alam maupun budayannya,” ungkap Brasika.

Dirinya juga meminta dukungan seluruh Bendesa di Desa Nyalain dengan komitmen yang kuat dari seluruh komponen desa untuk menyamakan pendapat, persepsi dan mengangkat potensi desa guna dijadikan desa wisata.

“Komitmen ini yang menjadi dukungan terkuat bagi terwujudnya dan keberlangsungan desa wisata,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut,  Anggota DPRD Klungkung Sang Nyoman Putra Yasa, Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya dan Perbekel Desa Nyalian. *dar

BAGIKAN