LPD Tegal Dukung ”Piodalan Ageng” di Pura Puseh Kangin, Mulai dari ”Ngayah” hingga ”Punia”  

15
NGAYAH - Foto bersama usai kegiatan "ngayah" bersih-bersih di Pura Puseh Kangin yang dilakukan pengurus dan karyawan LPD dan koperasi di Desa Adat Tegal beberapa waktu lalu.

LPD Desa Adat Tegal, Abiansemal, Badung, turut serta melibatkan diri pada Karya Memungkah, Ngenteg Linggih Padudusan Agung Tawur Balik Sumpah Utama di Pura Puseh Kangin, Desa Adat Tegal. Mulai dari ngayah bersih-bersih hingga pengadaan sejumlah tong sampah serta pemberian dana punia telah dilakukan.

Kepala LPD Desa Adat Tegal, I Putu Suryadinatha, saat ditemui, Selasa (17/9) mengatakan, keterlibatan LPD dalam pelaksanaan piodalan ageng di Pura Puseh Kangin terus berjalan hingga puncak piodalan yang dilaksanakan pada 23 Oktober mendatang. Sebelumnya, pada kegiatan ngayah bersih-bersih yang bersinergi dengan koperasi beberapa waktu lalu, LPD Desa Adat Tegal juga memberikan punia sebesar Rp5 juta beserta pengadaan 8 unit tong sampah.

Di samping itu, LPD Desa Adat Tegal kata Suryadinatha, juga menalangi pendanaan piodalan sebesar Rp500 juta. “Dana ini kami berikan khusus, untuk menutupi kekurangan hingga puncak piodalan nanti. Pengembaliannya nanti dilakukan pada saat pembagian laba akhir tahun,” ungkapnya.

Pada serangkaian piodalan yang masih berlangsung, Suryadinatha mengatakan, pihak LPD juga memberikan punia hiburan. Keterlibatan LPD dalam pelaksanaan piodalan ageng ini, dikatakannya sebagai peran LPD yang merupakam lembaga milik desa adat.

Demikian juga melalui sinergi dengan koperasi banjar di wilayah Desa Adat Tegal, pihaknya ingin bersama-sama membangun perekonomian masyarakat. Selama ini hubungan antara LPD dengan koperasi banjar sangat baik. Keberadaan koperasi dan LPD di wilayah Desa Adat Tegal dikatakannya saling mengisi satu sama lain.

Sepertinya terkait likuiditas, yang selama ini seluruh koperasi yang ada di wilayah Desa Adat tegal menempatkan likuiditasnya di LPD. Demikian juga LPD siap membantu koperasi yang membutuhkan atau kekurangan likuiditas. “Dalam mendukung pelaksanaan piodalan di Pura Puseh Kangin ini pun kami bersinergi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat,” katanya. *wid

BAGIKAN