Jalan Santai dan Kegiatan Sosial, Meriahkan HUT Ke-20 BKS-LPD Karangasem  

17
HUT - Ketua BKS-LPD Kabupaten Karangasem, Drs. I Made Mastiawan potong tumpeng pada puncak perayaan HUT ke-20 BKS-LPD Kabupaten Karangasem.  

BADAN Kerjasama Lembaga Perkreditan Desa (BKS-LPD) Karangasem menggelar perayaan HUT ke-20 di Wantilan Desa Adat Jasri, Karangasem, Minggu (15/9). Acara diawali dengan kegiatan jalan sehat yang dibuka langsung Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa.

Kegiatan jalan sehat diikuti seluruh pengurus dan karyawan LPD se-Kabupaten Karangasem beserta seluruh lapisan Desa Adat Jasri. Turut hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karangasem, Ketua BKS-LPD Bali, Ketua Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Provinsi Bali serta unsur kecamatan dan desa lainnya. Kegiatan juga dirangkaikan dengan pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu di Desa Adat Jasri serta pengadaan tong sampah di Pura Kahyangan Tiga Desa Adat Jasri.

Ketua BKS-LPD Kabupaten Karangasem, Drs. I Made Mastiawan, di sela-sela acara mengatakan, kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya. Sebelumnya, perayaan HUT dipusatkan di Kecamatan Abang, sementara tahun ini mengambil tempat di Kecamatan Karangasem khususnya Desa Jasri.

Ia menambahkan, tujuan dari pelaksanaan HUT yang selalu melibatkan masyarakat adalah untuk mendekatkan diri (BKS-LPD dan LPD) kepada masyarakat yang dalam hal ini LPD merupakan laba desa adat. “Kami ingin agar seluruh masyarakat mengetahui dan mendukung segala kegiatan yang dilakukan LPD khususnya dari sisi kelembagaan,” ujarnya.

Mastiawan menegaskan, perkembangan LPD di Karangasem sangat baik. Hingga saat ini 190 LPD yang ada di Karangasem telah memiliki aset sebesar Rp1,4 triliun. Hal ini yang juga ingin disosialisasikan pihaknya kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui apa itu LPD serta peranan LPD kepada masyarakat. “Ke depannya kita berharap dukungan dari masyarakat serta pemerintah daerah dan desa adat agar sama-sama menjaga lembaga ini,” katanya.

Menginjak usia ke-20 tahun ini, pihaknga juga berharap di internal LPD ataupun BKS-LPD agar mampu mewujudkan desa adat yang mandiri dengan keberadaan LPD di masing-masing desa adat. Berbagai inovasi dikatakannya telah dijalankan LPD saat ini, mulai dari layanan LPD mobile, SMS LPD termasuk layanan pembayaran payment yang memberi kemudahan masyarakat.

Sementara itu, Ketua BKS-LPD Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si., mengucapkan apresiasi terhadap kegiatan yang digelar BKS-LPD Kabupaten Karangasem yang terus berusaha lebih mendekatkan diri kepada masyarakat serta telah merealisasi berbagai program yang mencerminkan nilai Tri Hita Karana. “Kami mewakili LPD se-Bali mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-20 untuk BKS-LPD Karangasem,” katanya.

Ia juga berharap persatuan dan kebersamaan LPD seluruh Bali yang tergabung dalam wadah BKS-LPD akan makin terjaga kuat dan peran membangun ekonomi kerayatan makin terlihat nyata. Terutama melalui pembangunan ekonomi kreatif khususnya generasi muda yang didukung teknologi. *wid

BAGIKAN