IA ITB Wujudkan “Danu Kerthi” di Danau Buyan

25
Denpasar (Bisnis Bali) – Bali kembali terpilih menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (Rakernas IA ITB) yang akan dilaksanakan pada 20-22 September mendatang di Sanur, Denpasar. Rakernas ini mengusung tema “Nangun Sat Kerthi Loka Nusantara” yang terinspirasi dari visi Pemerintah Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Wayan Koster yang juga alumni ITB, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali.
Guna mendukung tema tersebut Panitia Rakernas telah menyusun program kegiatan yang mengacu pada penerapan Sad Kerthi. Salah satu adalah pelepasan 10 ribu ekor ikan sebagai wujud implementasi ajaran Danu Kerthi di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng pada Minggu (15/9).
Kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Alumni ITB Bali bekerja sama dengan komunitas Ayo Melepas Ikan (AMI) dan komponen masyarakat Desa Pancasari ini dibuka oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana.
Selain melepas ikan, Panitia Rakernas juga memasang beberapa plang pengumuman agar masyarakat pengunjung menjaga kebersihan Danau Buyan dari sampah plastik dan tidak melepas ikan predator seperti lele, zebra, tamang, alligator, arwana dan lain-lain di Danau Buyan.
Seperti diketahui bersama, Danau Buyan atau Bulian menjadi satu dari 47 danau prioritas di antara 840 danau yang ada di Indonesia dalam upaya penyelamatan oleh Forum Penyelamatan Danau Nusantara (Formadan) dalam Forum Danau yang diselenggarakan di Bogor pada 29 Agustus 2019. Maka melalui kegiatan ini diharapkan visi Provinsi Bali untuk mewujudkan pulau Bali yang bersih, hijau, dan indah didukung oleh kelestarian danau sebagai sumber air tawar dapat tercapai. Berkembangnya ekosistem ikan akan menjadi salah satu parameter kualitas air di Danau Buyan. (•dar)
BAGIKAN