Harga Tomat masih Anjlok

76
Pedagang tomat dan sayur berderet di Pasar Amlapura Timur.

Amlapura (bisnisbali.com) – Harga tomat belakangan ini tidak stabil. Harganya naik turun, tergantung dari ketersediaan atau banyaknya panen. Dalam beberapa hari ini, harga tomat dari pantauan di pasar tradisional di Karangasem turun, berkisar Rp 3 ribu per kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Amlapura Timur, Ni Nengah Widiantari mengatakan, Jumat (13/9),  harga tomat dalam seminggu ini turun. Dulu per kg berkisiar Rp 10 ribu, kini hanya Rp 3 ribu per kg. ‘’Kalau membeli lebih dari satu kg, bisa dapat lebih murah, saya dan teman-teman di pasar ini bisa menjual Rp 5 ribu untuk dua kg. Kalau membeli tomat hanya sekilo saya jual Rp 3 ribu,’’ paparnya.

 Pedagang sayur dan bumbu asal Batan Nyuh, Kelurahan Karangasem itu menambahkan, naik – turunnya harga tomat tergantung dari ketersediaan di pasar. Kalau persediaan banyak,  harga turun dan sebaliknya kalau barangnya sedikit di pasar, harganya akan meningkat.

‘’Tomat yang banyak dijual di pasaran di Karangasem merupakan tomat asal Kintamani. Ada pemasok asal Klungkung. Saya hanya dapat untung sedikit, paling Rp 200 sampai Rp 500 per kg. Kalau tomat dijual lebih tinggi, tak akan laku, pembeli pasti berbelanja ke pedagang lain,’’ papar Widiantari.

Di lain pihak, seorang petani dari Sidemen I Wayan Kari yang ditemui tengah memanen tomat mengatakan, pihaknya tetap bertanam tomat atau tanaman hortikultura lainnya termasuk terung dan cabai. Penanaman hortikultura jenis itu, saat sawah sudah ditanami dengan padi duakali berturut-turut. Agar sawah tidak jenuh ditanami padi terus dan guna memutus hama dan penyakit tanaman padi, mesti dilakukan pergiliran tanaman.

Pedagang bumbu dan sayuran, Widiantari menambahkan, harga bumbu-bumbuan dalam seminggu ini di pasar tradisional di Karangasem,  cukup stabil. Harga bawang merah berkisar Rp 15 ribu per kg untuk ukuran yang lebih besar, sementara yang kecil-kecil Rp 10 ribu sampai Rp 12 ribu per kg. Sementara bawang putih Rp 25 ribu per kg, cabai merah kecil berkisar Rp 50 ribu sampai  Rp Rp55 ribu per kg, saat harga cabai mahal di luar Hari Raya Galungan dan Kuningan, pernah tembus Rp 60 ribu per kg beberapa minggu lalu. *bud 

BAGIKAN