Potensi Produk Unggulan Usaha Bata Press Desa Pejaten, Kediri, Tabanan

21

Oleh Ni Made Sunarsih, S.E., M.Si.


BALI dikenal sebagai daerah seni dan tujuan wisata nasional maupun internasional. Berbagai objek wisata di Bali mungkin sudah banyak yang tahu, begitupun dengan kesenian di Bali baik itu seni lukis, ukir, dan tari yang mengimbangi perkembangan pariwisata pada akhir- akhir ini. Namun demikian, di Bali tidak keseluruhan masyarakat menggantungkan hidup dari pariwisata tetapi ada juga dari industri lain. Pemkab Tabanan memprioritaskan pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah, dengan menempatkan pembangunan sektor industri khususnya industri kecil menjadi salah satu sektor unggulan atau sektor prioritas. Salah satu sektor industri yang memiliki potensi adalah usaha bata press. Tabanan khususnya daerah Pejaten merupakan sentra usaha pembuatan bata press, di mana para masyarakat daerah ini sebagian besar usahanya adalah dari pembuatan bata pres.

Sudah sejak lama dalam seni arsitektur dan bangunan, bata selalu dibutuhkan masyarakat. Batapun ibarat “identitas” bagi masyarakat dan budaya Bali. Melihat potensi tersebut, sangatlah mungkin Universitas Mahasaraswati untuk ikut serta dalam pengembangan usaha ke arah yang lebih maju. Pengembangan dan pendampingan baik dari segi kuantitas dan kualitas, segi manajemen maupun segi pemasaran. Adapun program yang dilaksanakan yaitu Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang dilaksanakan selama tiga tahun yang mana merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan penerapan dan pengembangan hasil riset perguruan tinggi.

Program ini adalah program Hibah DRPM Dikti Multi tahun yang  dimenangkan oleh Universitas Mahasaraswati Denpasar yang diketuai oleh Ni Made Sunarsih, S.E., M.Si., dan anggota tim yaitu Dr. Anak Agung Dwi Widyani, S.E., M.M; Cokorda Putra Wirasutama, S.T., M.T dan AA Sagung Intan Pradnyanita, S.Sn., M.Sn. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada UKM yang bergerak dalam bidang usaha pembuatan bata press, yang dimiliki I Nyoman Sudiarsa yang usahanya berlokasi di Banjar Dukuh, Pejaten, Kediri, Tabanan. Kontribusi mendasar program ini adalah meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi; pengelolaan manajemen keuangan dan pelaporan keuangan; peningkatan pemasaran melalui sarana promosi seperti papan nama dan website; terwujudnya suasana kerja yang kondusif; peningkatan kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar.

Pelaksanaan tahun pertama yang sudah dilaksanakan meliputi peremajaan dan pengadaan peralatan produksi yang meliputi perbaikan tungku pembakaran, pembuatan ruang penyimpanan bahan baku, perbaikan rak pengering bata press dan pengadaan alas  cetak bata press. Melalui kegiatan ini dapat membantu UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi yang pada akhirnya dapat meningkatkan profitabilitas dari usaha tersebut. *adv/wid

Contact Person:

E-Mail: yuriamendra@gmail.com

No. HP: 08124638380

Instansi: FEB Universitas Mahasaraswati Denpasar

BAGIKAN