Terus Berbenah Pariwisata Bali Terbaik di Asia

25
JAGA ALAM-Upaya masyarakat dan sektor pariwisata menjaga alam Bali.

Mangupura (bisnisbali.com)-Pariwisata Bali dalam kancah pariwisata dunia saat ini menduduki urutan ke empat. Ketua PHRI Badung, IGN Rai Suryawijaya, Senin (9/9) menilai pariwisata Bali harus terus berbenah sehingga bisa tetap mempertahankan posisi terbaik di Asia.

Pariwisata Bali masuk kawasan pariwisata terbaik di dunia karena Bali memiliki budaya yang unik. Di samping memiliki alam yang indah, orang Bali memiliki perilaku yang ramah. Walaupun ada pelaksanaan even pemilu 2019, keamanan Bali tergolong relatif kondusif. Ini menjadi pertimbangan Bali tetap menjadi  daerah tujuan untuk berlibur.

Dipaparkannya, bencana erupsi Gunung Agung sebelumnya sempat berdampak pada kunjungan wisatawan. Hanya saja kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Wisatawan bisa melihat tidak ada korban jiwa saat Gunung Agung mengalami erupsi.

Pemberitaan tentang sampah plastik bisa menjadi berita hoax bagi pariwisata Bali. Pemberitaan negatif terkait Indonesia akan menghadapi ratusan gempa. Ini menjadikan wisatawan takut untuk berlibur ke Indonesia termasuk ke Bali.

Menurutnya, di tengah banyaknya berita hoax yang ditunjukan untuk Bali, pelaku pariwisata tidak boleh pantang menyerah. Pasar besar seperti pasar Cina dan India mesti digarap lebih optimal. IGN Rai Suryawijaya menambahkan dalam kancah pariwisata dunia posisi pariwisata Bali saat ini masih di baeah London, Prancis, dan Roma Italia.

Untuk bertahan dalam 10 besar dunia, pemimpin bersama masyarakat dan seluruh stakeholder pariwisata mesti berkomitmen menjaga alam Bali secara sekala dan niskala. *kup

BAGIKAN