Bantuan Air Bersih untuk Petani di Tianyar

19

Amlapura (bisnisbali.com) –Petani dan peternak paling menderita pada musim kemarau ini di wilayah tandus, seperti di Banjar Eka Adnyana, Desa Tianyar, Kubu, Karangasem. Warga yang umumnya petani di wilayah setempat mengalami krisis air, selain untuk MCK juga minum ternak sapi, kambing dan  babi.

 Guna membantu warga yang umumnya petani di desa tandus itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, Minggu (8/9) kembali menyerahkan bantuan air  bersih, sesuai permohonan warga melalui Perbekel Desa Tianyar. Sementara bantuan air bersih ke banjar itu, kata Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa,  sebanyak 5.000 liter. ‘’Tim reaksi cepat BPBD kami tugaskan mengirimkan air bersih sesuai permohonan lewat perbekelnya,’’ ujar Arimbawa.

Ditambahkan, bantuan air bersih itu untuk 30 KK. Bantuan air itu, ditampung pada sebuah cubang atau bak air milik penduduk, karena cubang umum dalam keadaan bocor.  Arimbawa mengatakan, sampai  September 2019 lalu, total sudah 194.000 liter air bersih diserahkan kepada warga di daerah tandus atau krisis air bersih di beberapa desa. Bantuan itu ada dari anggaran BPBD Karangasem, PMI, Dinas Sosial Kabupaten Karangasem dan lembaga swadaya masyarakat. *bud

BAGIKAN