Pemanfaatan Internet untuk Majukan Potensi Desa

19
Kepala Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca, M.Si (tengah).

Singaraja (bisnisbali.com) –Teknologi Informasi (TI) merupakan teknologi masa kini yang kecanggihannya mampu menggeser bahkan merubah sistem pola hidup manusia. Dalam perkembangannya, teknologi informasi mampu memicu gejala-gejala sosial yang menjadi trend. Salah satunya  jarak dan waktu bukan lagi kendala yang utama, serta munculnya sistem pembelian online, dan aktivitas baru lainnya.

Bahkan saat ini kemajuan teknologi tak hanya bisa diakses di perkotaan, juga sudah bisa diakses merata hingga ke pedesaan. Sama halnya dengan yang terjadi di Kabupaten Buleleng, penyaluran sistem informasi dan teknologi di daerah terluas di Bali ini sudah cukup mumpuni. Bahkan Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosadi) sebagai leading sector di bidang teknologi dan informasi berkoordinasi dengan Dinas PMD Kabupaten Buleleng turut mendampingi pembuatan Sistem Informasi Desa (SID).

Kepala Dinas Kominfosandi Kabupaten Buleleng Dr. Drs. I Ketut Suweca,M.Si menyebutkan, peran teknologi dewasa ini tak hanya sekedar mempublikasikan, juga membuat informasi itu merata hingga ke desa – desadi Kabupaten Buleleng. Salah satunya dengan SID yang merupakan sistem berbasis website. Fungsinya selain untuk kelancaran pelayanan di Desa, juga untuk mengangkat dan mempublikasikan potensi wisata, industri dan lain sebagainya yang ada di Desa.  “Sejauh ini hampir seluruh desa di Buleleng sudah memiliki SID, tinggal beberapa desa yang belum dan akan terus kita dampingi untuk memacu semangat masyarakat dalam pemanfaatan teknologi sebagai bentuk implementasi UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” ungkapnya.

Terlepas dari peran teknologi di desa, Dinas Kominfosandi juga melakukan strategi untuk memaksimalkan penyaluran teknologi dan informasi di daerah, untuk memberikan pelayanan terbaik dalam pemanfaatan teknologi. Dengan menekankan moto INSIDER PRO, seluruh staf di lingkungan Dinas Kominfosandi diharapkan dapat menerapkannya di manapun dan kapanpun terutama saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

INSIDER PRO yang berarti INtegritas yakni bersikap jujur, bertanggung jawab dan handal,  Sinergitas yakni kerjasama tim dalam melaksanakan pekerjaan, Dedikasi yakni pengabdian yang tulus kepada lembaga dalam melaksanakan tugas, Responsif atau cepat tanggap terhadap hal – hal yang berhubungan dengan tugas dan yang terakhir adalah PROfesional yang menjadi salah satu poin penting sebagai upaya meningkatkan kompetensi diri. *ira

BAGIKAN