LPD Kesiman Miliki Berbagai Program Kredit Menarik

17
Pelayanan di LPD Desa Adat Kesiman.wid

Denpasar (bisnisbali.com)-Berbagai program kredit dimiliki oleh LPD Desa Adat Kesiman yang memberikan beragam pilihan bagi masyarakat. Mulai dari kredit mikro tanpa agunan hingga kredit investasi.

Kepala LPD Desa Adat Kesiman I Wayan Rayun saat ditemui, Kamis (5/9), memaparkan berbagai program kredit yang dimiliki LPD Desa Adat Kesiman, diantaranya, kredit mikro tanpa agunan, kredit investasi, kredit konsumtif hingga kredit pembelian kendaraan. Masing-masing program kredit ini dikatakannya memiliki keunggulan tersendiri.

Seperti kredit mikro tanpa agunan yang diperuntukan kepada pelaku usaha kecil untuk membantu menopang atau mengembangkan usahanya. Jenis kredit ini memberikan plafon maksimal Rp5 juta. Pemberian kredit ini berdasarkan analisis oleh petugas lapangan serta terprogram dengan tabungan harian yang dilakukan nasabah. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya kredit bermasalah. “Disini petugas kami memiliki peran penting. Mereka yang setiap hari bertatap muka dengan nasabah untuk melakukan pendekatan,” ujarnya

Selanjutnya, program kredit investasi memberikan plafon yang paling besar. Mulai dari Rp350 juta hingga Rp2 miliar. Kredit ini biasanya diperuntukan bagi pelaku usaha besar yang ingin mengembangkan usahanya. Dalam hal ini, Kata Rayun calon nasabah tidak bisa begitu saja mendapatkan plafon yang diinginkan. LPD akan memberikan plafon secara bertahap. Mulai yang terendah yaitu Rp350 juta. “Jika Rp350 juta itu lancar pembayarannya, maka akan diberikan plafon yang lebih jika ada pengajuan lagi bagi nasabah yang bersangkutan,” terangnya.

Terkait suku bunga, Rayun mengatakan, hal itu disesuaikan dengan jumlah besar kecil plafon yang didapatkan. Makin besar jumlah pinjaman makin rendah suku bunga yang diberikan. Suku bunga untuk kredit ini mukai dari 1,5 persen, 1,4 persen hingga 1,3 persen.

Sementara untuk kredit pembelian kendaraan, LPD Desa Adat Kesiman memberikan suku bunga 1,5 persen menurun. Hal ini dilakukan guna membantu masyarakat untuk mendapatkan kendaraan dengan bunga yang lebih ringan.  *wid

BAGIKAN