Bunga Acuan 5,5 Persen Bank Tingkatkan Rasio Dana Murah

18

Kendati demikian, ia meyakini penyaluran kredit masih akan tumbuh mengingat Bali sebagai pintu gerbang pariwisata, dunia usaha di sektor pariwisata masih akan tumbuh.

“Penyaluran kredit bank di Bali lebih banyak menyasar ke sektor retail, perdagangan dan pariwisata,” ujarnya.

Sementara dari DPK, tertinggi berasal dari CASA seperi tabungan dan deposito. Pihaknya pun mengakui, animo masyarakat menyimpan dana masih tergolong tinggi.

Hal sama dikatakan Regional Head Danamon Bali Nusra, Agus Indrawan. CASA naik 8 persen dan deposito naik 16 persen. Total portofolio kredit dan trade finance bank, tercatat tumbuh 11 persen menjadi Rp 148 triliun pada semester I 2019 dibandingkan setahun sebelumnya. Ia berharap dengan fokus bank dalam beberapa inisiatif penting mempercepat pertumbuhan kredit. Peningkatan pada jaringan digital serta kualitas layanan secara keseluruhan terus menunjukkan hasil. Pihaknya juga terus meningkatkan penerapan prosedur pengelolaan risiko dan manajemen kualitas aset yang pruden, melalui proses underwriting, monitoring, collection dan recovery kredit yang disiplin. Rasio kredit bermasalah atau NPL tercatat 3,2 persen dibandingkan 3,3 persen pada akhir semester pertama 2018. “Rasio biaya kredit (cost of credit ratio) juga membaik di posisi 2,5 persen dibandingkan 2,6 persen setahun sebelumnya,” ucapnya. *dik

1
2
3
BAGIKAN