Berdayakan Keluarga kurang Mampu, Diskop dan UMKM Denpasar Beri Pembinaan ”Entrepreneur”

22
PEMBINAAN - Pembukaan kegiatan pembinaan entrepreneur bagi keluarga kurang mampu di Kota Denpasar.

Denpasar (Bisnis Bali) – Dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kota Denpasar, Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop) Kota Denpasar memberikan pembinaan kepada masyarakat kurang mampu khususnya di bidang entrepreneur. Kegiatan yang menyasar keempat kecamatan di Kota Denpasar ini bertujuan untuk mendorong tumbuh dan berkembangannya usaha yang dimiliki masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu, sehingga mampu mendukung penghasilan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, I Made Erwin Suryadarma Sena, didampingi Kabid UMKM Ngakan Putu Widnyana, saat pembukaan pelatihan yang digelar di Kantor Kelurahan Penatih, Denpasar Timur, Rabu (28/8) mengatakan, tujuan diberikan pembinaan ini agar masyarakat memiliki bekal untuk menumbuhkan perekonomian masing-masing. Dalam pembinaan ini, kata Erwin, ada masyarakat yang telah memiliki usaha dan ada pula yang belum. “Dengan adanya pembinaan ini, mereka nantinya terdorong untuk membuka usaha sehingga mampu untuk bangkit serta mampu meningkatkan ekonomi keluarganya. Jadi jika dibaratkan kami berikan kailnya bukan ikannya untuk membantu perekonomian mereka,” katanya.

Pembinaan yang diberikan tidak hanya sebatas pemaparan materi semata ataupun mengbangkitkan jiwa kewirausahaan pada masyarakat kurang mampu, namun pihaknya akan melakukan pendampingan berkelanjutan. Dalam hal ini Erwin pun berharap organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya juga membantu, sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat yang bersangkutan ketika usaha yang dimiliki berjalan. “Kita akan gali dulu apa hobi dan keinginan masyarakat, sehingga nantinya kami bisa memberikan bantuan sesuai kebutuhannya. Kita juga akan membentuk kelompok-kelompok usaha dan bekerja sama dengan OPD lainnya seperti Dinas Sosial, Pertanian, Perdagangan, Kelautan dan sebagainya, sehingga pengentasan kemiskinan di Kota Denpasar benar-benar maksimal yang saling bersinergi,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, program ini pertama kali dilakukan. Kegiatan ini menyasar 120 keluarga kurang mampu yang tersebar di empat kecamatan. Masing-masing kecamatan ada 30 orang masyarakat kurang mampu yang diberikan pembinaan. Pembinaan dilakukan terjadwal yang ditargetkan akhir tahun ini sudah rampung. Pada pembinaan pertama yang dilakukan di Kantor Kelurahan Penatih mendatangkan 2 pemateri yaitu praktisi kewirausahaan I Ketut Darta dan motivator kewirausahaan Tjok Istri Widyawati. (ad 0.966)

BAGIKAN