Tanaman Hias Kantong Semar tetap Miliki Pasar

95

TANAMAN hias kantong semar yang memiliki nama Latin nepenthes, disukai penghobi tanaman hias khususnya anggrek karena bentuknya yang unik. Harga tanaman hias yang satu ini juga sangat bersaing dengan harga anggrek yaitu mulai Rp 150 ribu tergantung jenis dan umur tanaman.

Nyoman  Suta, petani di Desa Pancasari, Kabupaten Buleleng mengatakan, kantong semar punya banyak fungsi dan bentuk yang unik yang membuat tanaman kantong semar memiliki nilai lebih daripada tanaman hias lainnya. “Banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan tanaman ini dan di desa kami budi daya kantong semar untuk dijual sehingga kantong semar menjadi sumber penghasilan petani tanaman hias,” ungkapnya.

Diterangkan, ada berbagai jenis tanaman kantong semar yang ada di dunia namun  jenis gracillis, reinwardtiana dan ampullaria paling banyak dicari orang terutama bagi pemula karena relatif lebih mudah dalam perawatan.

“Untuk menanam kantong semar, siapkan  media tanam berupa tanah dan sekam bakar yang lembab dan tidak terlalu padat. Usahakan media tanam tidak terlalu kering atau terlalu banyak air. Media lain yang bisa digunakan untuk menanam kantung semar adalah cocopeat yang dicampur dengan sekam bakar dengan perbandingan 1:1,” terangnya.

Bila kantong semar dirawat dengan baik, tanaman akan tumbuh dengan indah dan rajin menghasilkan kantong.

“Merawat kantong semar sebenarnya mudah. Kantong semar tidak membutuhkan pupuk dan nutrisi, karena nutrisi tanaman  berasal dari serangga yang ditangkapnya,” tukasnya. Karenanya, letakkan kantong semar di luar ruangan atau di tempat yang sekiranya banyak terdapat serangga.

Tetapi bila di daerah yang jarang ditemukan serangga, bisa memberikan nutrisi berupa fosfor, garam, dan kalium secara manual untuk tanaman kantong semar. Untuk mencegah hama, bisa menggunakan sedikit pestisida agar kantong semar tumbuh dengan baik. Beberapa jenis tanaman kantong semar membutuhkan sinar matahari langsung, lainnya tidak. Untuk itu kenali dulu jenis kantong semar yang  ditanam dan letakkan di tempat yang tepat agar tumbuh maksimal. *pur

BAGIKAN