Kurangi Sampah Plastik, Wagub Cok Ace Apresiasi Tema Sanfest “Dharmaning Gesing”

22

Denpasar (Bisnis Bali) –Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik pergelaran tahunan Sanur Village Festival (SVF) yang menampilkan tema Dharmaning Gesing atau pemuliaan bambu yang mencerminkan apresiasi masyarakat Bali terhadap peran bambu dalam kehidupan sehari-hari.
“Tema Dharmaning Gesing, kaitan dengan aksi kurangi sampah plastik. Ini bagus sekali,” kata Cok Ace.
Menurutnya budaya masyarakat Bali sejak dulu memang tidak bisa lepas dari bambu. Secara filosofi, mengisyaratkan bagaimana tanaman bambu itu tumbuh bersatu. “Dari segi pemanfaatannya, bambu mulai dari ukuran kecil bisa sebagai semat hingga bisa untuk bangun rumah, banyak sekali manfaatnya,” ujarnya.
Maka itu, momentum Sanur festival (Sanfest) ini pihaknya mengajak masyarakat Bali untuk melestarikan bambu dn memanfaatkan penggunaan bambu dalam setiap kesempatan. “Kita juga berharap, pariwisata di Bali bisa agar memanfaatkan produk bambu,” harapnya.
Cok Ace mengakui, Sanfest telah menjadi festival yang punya karakteristik festival di pesisir pantai. Sanfest bahkan sudah menunjukkan konsep kemaritiman, punya ciri khas yang membedakan dengan even-even festival desa lainnya. Selain di tataran konsep, Sanfest juga diapresiasi dalam hal pengembangan enterpreneur muda. Itu terlihat banyak ditampilkannya wirausaha muda, startup baru.
“Jadi, bukan saja ramai secara seremonial, ke depan masyarakat memaknai Sanfest sehingga lebih banyak bisa terlibat di sektor pariwisata. Selain itu akan ada tumbuh kesadaran kemampuan keinginan dengan melihat jejak potensi lingkungan yang ada,” imbuhnya.
Terlebih pada 2019 ini, Sanfest kembali digelar untuk yang ke-14 kalinya yang akan berlangsung mulai 21-25 Agustus 2019 di Pantai Matahari Terbit Sanur, Denpasar.
Sanfest telah menjadi festival yang dinantikan baik oleh masyarakat lokal, wisatawan domestik dan mancanegara. Sanfest pula telah masuk dalam kalender acara pariwisata di posisi delapan besar Indonesia. “Dari tahun ke tahun terus menunjukkan penyempurnaan-penyempurnaan,” ungkap Cok Ace.
Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose juga menyambut positif Sanfest 2019. Itu tertuang saat menerima kunjungan Ketua Umum Yayasan Pembangunan Sanur, Ida Bagus Sidharta Putra di Loung Andalan Polda Bali. Kedatangannya untuk memohon dukungan sekaligus mengundang Kapolda agar bisa hadir di acara pembukaan dan penutupan Sanur Village Festival.
Sementara itu Ida Bagus Sidharta Putra menjelaskan, Yayasan Pembangunan Sanur kembali akan menggelar kegiatan Sanur Village Festival ke-14 dengan mengusung tema ”Dharmaning Gesing” dan digelar di Pantai Matahari Terbit seperti tahun-tahun sebelumnya.
Sanur Village Festival tetap mengakar pada khasanah budaya lokal Sanur. Kegiatan Sanfest menyajikan beragam atraksi seni, kuliner serta fashion dan berbagai macam kompetisi.
Menanggapi hal tersebut, Kapolda menyampaikan dukungannya terhadap Sanfest 2019. Polda Bali sendiri siap mengamankan jalannya event sehingga seluruh rangkaian berjalan aman dan lancar. Kapolda Bali meyakini bahwa acara tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Bali baik dari segi ekonomi dan promosi pariwisata.*dik

BAGIKAN