Jelang HUT ke-74 RI, ITDC Gandeng Veteran Anjangsana ke Desa Wisata Pinge

45

Tabanan (Bisnis Bali) –
Jelang peringatah HUT ke- 74 RI, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengajak para Legiun Veteran RI Provinsi Bali anjangsana ke Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Anjang sana yang melibatkan 30 veteran tersebut juga di warnai dengan ziarah dan doa bersama ke Taman Pujaan Bangsa (TBP) Margarana.

Managing Director ITDC Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, disela-sela kegiatan yang berlangsung di Banjar Pinge, Kamis (15/8) kemarin mengungkapkan, kegiatan anjangsana ini merupakan rangkaian dari peringatan hari kemerdekaan RI ke-74 melalui silahturahmi dengan para Legiun Veteran RI Provinsi Bali. Imbuhnya, dipilihnya Desa Wisata Pinge ini karena desa ini merupakan salah satu desa tempat perjuangan pada jaman penjajahan, Selain itu, Desa Pinge juga merupakan desa binaan dari ITDC terkait dengan desa wisata.
“Kagiatan kali ini setelah ramah tamah di Desa Wisata Pinge, kami juga berziarah dan melakukan doa bersama di TBP Margarana guna mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur,” tuturnya.
Jelas Ardita, ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan kepedulian kepada para veteran yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Katanya, kegiatan ini juga untuk berbagi kebahagian dengan para veteran dan sebagai generasi penerus harus mengisi kemerdekaan dengan rasa bersukur, berterimakasih kepada pehlawan. Sekaligus mendasari diadakan program ini dengan menyasar kepada para veteran sebagai pejuang bangsa yang masih ada saat ini.
Di sisi lanjutnya, pengembangan Desa Wisata Pinge sebagai salah satu binaan dari ITDC, sejumlah upaya terus dilakukan secara berkelanjutan. Yakni, dengan upaya meningkatkan angka kunjungan karena Desa Pinge ini diarahkan sebagai Desa Wisata melalui promosi dari segala aspek. Diantaranya, meliputi budaya, alam dengan harapan bisa lebih dikenal.
“Tidak kalah pentingnya lagi, kami juga melakukan pembinaan terkait penataan manajemen sehingga masyarakat di Desa Wisata Pinge ini bisa mengelola secara baik,” ujarnya.
Sementara itu, Bendesa Adat Pinge Jero I Made Jadrayasa dalam kesempatan tersebut menyambut baik upaya ITDC memberdayakan Desa Pinge sebagai desa wisata salah satunya serangkaian peringatan HUT ke -74 RI tahun ini. Kata dia, semangat para veteran dengan berkunjung ke Desa Pinge memberi motivasi bagi para generasi muda untuk membangun desa, membangun bangsa dimasa mendatang.
“Kami merasa bangga dengan kedatangan dari para veteran dan kami berharap nantinya ada masukan, saran dan pendapat guna dijadikan acuan dalam pengembangan Desa Wisata Pinge, sehingga desa wisata ini menjadi semakin lebih baik nantinya,” tegasnya.*man

BAGIKAN