Perbarindo Bali Gelar Survailen dan Sertifikasi Kompetensi Kerja Direksi

25
Berpose bersama, para peserta, tutor, Pengurus Perbarindo dan Perwakilan OJK saat pembukaan pelatihan survailen dan sertifikasi kompetensi kerja bagi Direksi BPR bertempat di Hotel Quest.

Denpasar (Bisnis Bali)-

DPD Perbarindo Bali melaksanakan survailen dan sertifikasi kompetensi kerja bagi Direksi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) bertempat di Hotel Quest. Sekretaris DPD Perbarindo Bali, Made Suarja, di sela-sela kegiatan pembukaan survailen dan sertifikasi Senin (5/8) mengatakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh DPD Perbarindo Bali ini bertujuan menambah pengetahuan para insan BPR khususnya para direksi BPR sehingga kedepan BPR bisa terus berkembang dan dipercaya oleh masyarakat.

 

Diungkapkannya, pelatihan survailen dan sertifikasi rutin yang diselenggarakan DPD Perbarindo Bali ini sebagai bagian dari peningkatan sumber daya manusia (SDM) BPR. Kegiatan ini nantinya diharapkan mampu untuk mengelola BPR menjadi lebih baik.

Ia menjelaskan DPD Perbarindo Bali secara terus menerus meningkatkan kualitas SDM para insan BPR salah satunya melalui pelatihan sertif. Dalam tata kelola BPR harus didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dari segi penguasaan teknologi.

Dipaparkannya, kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan khususnya bagi direksi BPR terkait perubahan yang terjadi terlebih di era persaingan di bidang perbankan.  Pelatihan juga dilaksanakan mengacu pada POJK No. 20, bahwa sertifikasi merupakan suatu kewajiban serta sebagai amanah dari POJK No.44 tentang sertifikasi.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Rochman Pamungkas, di sela-sela membuka kegiatan survailen dan sertifikasi mengatakan guna menghadapi tantangan dan persaingan dibidang perbankan kedepan harus dipersiapkan SDM BPR yang berkualitas. Ini terkait tata kelola baik penguasaan di bidang teknologi maupun manajemen.

Rochman Pamungkas mengharapkan pelatihan ini juga menjadi salah satu bagian dari peningkatan SDM dalam menguatkan industri BPR. ” Ke depan, BPR diharapkan terus bisa tumbuh positif dan berkembang mendukung perkonomian khususnya di Bali,” ucapnya.

Pelatihan survailen dan sertifikasi kerja direksi BPR ini akan berlangsung (5/8)-(16/8) diikuti 22 orang direksi dari BPR yang ada di Bali maupun di luar Bali. Materi pelatihan diantaranya analisa keuangan dan non keuangan,  kebutuhan likuiditas, menerapkan MR kredit, operasional dan kepatuhan, merancang produk jasa layanan dan program pemasaran, membuat rencana bisnis dan menerapkan tata kelola perusahaan. Pelatihan menghadirkan instruktur atau tutor dari DPD Perbarindo Bali.*kup

BAGIKAN