Turkish Airlines “Launching” Rute Baru ke Bali

27
Turkish Airlines Senior Vice President Sales (2nd Region), Kerem Sarp menyerahkan miniatur pesawat kepada Deputi Kemenpar, Nia Niscaya

Mangupura (Bisnis Bali) – Bali dinilai sebagai pulau tujuan wisata yang sangat populer bagi turis dari seluruh dunia setiap tahunnya. Bali menyuguhkan keindahan alam yang eksotik dan budaya yang unik sehingga menimbulkan daya tarik tersendiri. Hal inilah yang menjadi pertimbangan Turkish Airlines untuk membuka rute penerbangan langsung dari Istanbul ke Bali.

Deputi Menteri bidang Pemasaran Pariwisata II Kemenpar RI, Nia Niscaya mengungkapkan sesuai data sebanyak 75 persen wisatawan mancanegara (wisman) datang ke Indonesia melalui udara, dan 40 persennya melalui pintu Bali. “Jadi ini pas banget ya ditambah penerbangannya dimana maskapai ini memiliki penerbangan dengan jangkauan terluas yakni 124 negara di dunia, masuknya lewat Bali pula dan ini pasti wisman yang dibawa,” ujar Nia saat menghadiri launching rute baru Turkish Airlines di Nusa Dua.

Lebih lanjut dikatakan, penerbangan perdana Turkish Airlines ke Bali kebanyakan membawa penumpang dari wilayah Eropa Timur dan Utara yang memiliki revenue besar. Jadi hal ini sebagai kesempatan (opportunity) baru untuk menggarap pasar yang dari sisi jumlah tidak begitu banyak tetapi length of stay-nya lebih lama dan tentunya spending-nya juga besar berupa devisa. “Ini yang kita harapkan. Tetap kita perlu dari segi number, tapi kita juga perlu devisa atau spending,” ungkapnya.

Nia menyebut jumlah wisman asal Eropa yang datang ke Indonesia tahun lalu mencapai 2,1 juta orang, dan pada tahun ini ditargetkan 2,5 juta orang. Terjadi pertumbuhan wisman sekitar 3 persen selama Januari hingga Mei 2019. “Khusus Turki memang masih di bawah 100 ribu orang, tapi Turki bisa menjadi hub di Eropa atau pengumpul wisman dari berbagai destinasi di Eropa, lalu dibawa ke sini. Itu kekuatan Turkish Airlines yang berbasis di Istanbul,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui pesawat milik Turkish Airlines dengan tipe Boeing 787-9 (Boeing Dreamliner) bernomor TK-66 telah mendarat perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Rabu (17/7). Untuk sementara penerbangan rute Istanbul – Bali dilayani sebanyak tiga kali dalam satu minggu, yaitu setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Tarif yang dikenakan dari Istanbul ke Bali dimulai 748 dolar AS. (*dar)

BAGIKAN