Sempat Gagal Tender, Pengadaan Bibit Bawang Putih di Tabanan Kantongi Pemenang

45
Salah satu sentra pengembangan bawang putih di Desa Babahan, Kecamatan Penebel Tabanan

Tabanan (Bisnis Bali) –
Sempat mengalami gagal tender pada lelang pertama April 2019, kini pengadaan bantuan bibit bawang putih yang merupakan bantuan program pengembangan hortikultura dari pemerintah pusat telah mengantongi pemenang pada tender ulang dibuka pada Mei 2019 lalu. Pascamengantongi pemenang tender, kini untuk program tersebut sudah mulai memasuki tahap distribusi ke tingkat petani atau penerima.
Kepala Bidang Peningkatan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikulutra Dinas Pertanian Tabanan, Wayan Suandra, di Tabanan belum lama ini mengungkapkan, pemenang tender tahap dua untuk bawang putih ini berasal dari Jawa Timur. Imbuhnya, kini pascamengantongi pemenang sudah ditindaklanjuti dengan proses droping bibit beserta pupuk yang mencapai 6 truk.
“Harapan kami proses droping tersebut akan mencapai 50 persen dari 123 ton sudah didistribusikan dalam bentuk benih ke pada penerima pada minggu ini atau sebelum momen Galungan,” tuturnya.
Jelas Suandra, meski mundur dari rencana awal untuk penanaman bawang putih di tingkat petani karena gagal tender pada saat pertama, jadwal tanam untuk hasil tender tahap dua ini merupakan waktu yang pas untuk memulai tanam bawang putih di tingkat petani atau penerima bantuan program pengembangan hortikultura. Katanya, dengan penanaman bawang putih pada Juli ini, maka petani akan bisa melakukan panen pada periode Oktober-November 2019 mendatang.
Harapannya, dari panen bawang putih nanti, produksi yang dihasilkan petani penerima program tersebut bisa memberi andil untuk ikut menstabilkan harga dipasaran. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah, produksi bawang putih tersebut juga bisa digunakan sebagai benih oleh petani untuk kesinambungan produksi nantinya.
“Paling tidak kami harapkan 20 persen dari hasil panen bawang putih nantinya, bisa digunakan petani sebagai benih,” harapnya.
Sementara itu, tahun ini untuk target bantuan program pengembangan hortikultura bibit bawang putih menyasar tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Pupuan, Kecamatan Baturiti dan Kecamatan Penebel dengan total luasan mencapai 225 hektar pada tahun ini. Tambahnya, tiga kecamatan tersebut dipilih karena memang memiliki potensi dan cocok untuk pengembangan budi daya tanaman bawang putih selama ini.*man

BAGIKAN