Digelar 22 Juni, Bupati Eka Tinjau Persiapan Akhir jelang Festival Yeh Gangga  

32

Tabanan (Bisnis Bali) –
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, meninjau kesiapan 500 Penari Rejang Renteng yang akan dipentaskan pada acara Festival Yeh Gangga, sekaligus memantau kesiapan Panitia Acara Festival Yeh Gangga, Sabtu, (15/6). Festival Yeh Gangga sendiri akan digelar pada 22 Juni hingga 23 Juni mendatang.
Bupati Eka yang sempat melakukan persembahyangan di pura Batu Bolong, di kawasan Pantai Yeh Gangga, Sudimara, Tabanan sebelum meninjau, mengintruksikan panitia dan segenap unsur yang terlibat di dalamnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Sekaligus mepekeling (mohon doa restu) kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sehingga acara bisa berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan bersama.
Orang nomor satu tersebut berharap, dengan dilakukannya persembahyangan dan peninjauan ini agar saat pagelaran puncak acara tidak terjadi bencana apapun. “Mari kita bersama-sama mepekeling dan mempersiapkan acara dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya acara ini bisa berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.
Di sisi lain, diselenggarakannya Festival Yeh Gangga ini adalah untuk memperkenalkan potensi Kabupaten Tabanan di bidang Pariwisata, pertanian, dan akan mengangkat budaya yang ada di Tabanan. Disamping itu, kuliner khas asal Tabanan juga akan dijajankan pada saat pagelaran festival. Bercermin dari itu, Tabanan tidak hanya dikenal dengan lumbung berasnya  Bali, melainkan Tabanan dikenal memiliki berbagai macam potensi yang dapat menarik hati para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
Selain itu, jika festival semacam ini bisa memberi dampak pada kesejahteraan masyarakat di Tabanan, maka akan digelar lebih banyak festival lagi di Tabanan nantinya. Saat ini, selain Festival Yeh Gangga, Tabanan juga mempunyai Festival lainnya. Diantaranya, Festival Tanah Lot, Festival Jatiluwih, Festival Ulun Danu Beratan, dan lainnya.
Sementara itu, pemantauan dilapangan turut mendampingi Bupati Eka saat melakukan peninjauan adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, AA., Dalem Tresna Ngurah, beberapa Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, dan Para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Tabanan. Saat itu, terlihat  panitia dan unsur terkait yang terlibat di dalamnya benar-benar mempersiapkan acara dengan sebaik-baiknya. Itu salah satunya tercermin dari penari yang terlibat sangat antusias mengikuti latihan dan terlihat beberapa panitia sangat sibuk mempersiapkan tenda dan panggung acara yang puncaknya akan digelar pada tanggal 22 juni sampai dengan 23 juni 2019 mendatang.*man

BAGIKAN