LPD Sibang Gede kian Dipercaya

24

Mangupura (Bisnis Bali) – Sebagai lembaga keuangan milik desa adat, keberadaan LPD bertujuan untuk memberikan kesejahteraan pada masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan oleh LPD Desa Adat Sibang Gede, terus berupaya memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Kepala LPD Desa Adat Sibang Gede I Nyoman Budiartha, S.E, saat ditemui belum lama ini mengatakan, kontribusi yang diberikan LPD selama ini sebagai upaya yang dilakukan untuk meringankan beban masyarakat. Mulai dari menopang kegiatan keagamaan hingga memberikan beasiswa untuk mendukung dunia pendidikan.

Dijabarkannya, kontribusi yang diberikan diantaranya, dana santunan untuk masyarakat yang mengalami kelayuan sekar (meninggal dunia) sebesar Rp500.000 per orang.  Santunan ini diberikan kepada masyarakat yang menjadi nasabah. Disamping itu para prajuru dan pemangku meski tidak menjadi nasabah juga diberikan santunan ketika mengalami kelayuan sekar. “Jika pemangku atau prajurunya adalah nasabah, maka santunan yang diberikan double yaitu Rp.1 juta,” ujarnya.

Demikian juga saat pelaksanaan piodalan di Pura Kahyangan Tiga, LPD Desa Adat Sibang Gede memberikan dana Rp6 juta setiap odalan untuk memfasilitasi kegiatan. Dana diberikan kepada banjar yang mendapatkan giliran tugas pelaksanaan piodalan. Budiartha mengatakan, di Desa Adat Sibang Gede terdapat 5 Pura Kahyangan Tiga yang terdiri dari 3 Pura Dalem dan 1 Pura Puseh dan 1 Pursa Desa. Total anggaran untuk pelaksanaan piodalan ini sekitar Rp66 juta per tahun, yang dalam setahun ada 2 kali piodalan di masing-masing pura. “Ditambah ada 2 Pura Taman Beji, juga kami berikan dana sekitar Rp1,5 juta per odalan,” ungkapnya.

Dalam mendukung aktivitas para pemuda, LPD Desa Adat Sibang Gede juga kerap memberikan dana motivasi kepala kelompok pemuda (sekaa teruna) yang ada di 12 banjar. Biasanya dana motivasi diberikan jelang Hari Raya Nyepi dalam rangka pembuatan ogoh-ogoh dengan nominal Rp1 juta per sekaa. Termasuk juga dalam perayaan HUT sekaa teruna, LPD Desa Adat Sibang Gede memberikan sumbangan baik itu berupa dana ataupun doorprise untuk keperluan acara sekaa teruna.

Tidak hanya itu, LPD Desa Adat Sibang Gede juga mendukung dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada siswa yang mendapatkan juara 1,2 dan 3 di kelasnya. Di Desa Adat Sibang Gede terdapat 4 sekolah dasar yang menjadi sasaran pemberian beasiswa oleh LPD setiap tahunnya. *wid/editor rahadi

 

BAGIKAN