Siapkan Rp578 Miliar Uang Kartal, BRI juga Gelar Kas Keliling

39
Denpasar (Bisnis Bali) – Mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan uang kartal,  BRI menyiapkan Rp578 miliar uang kartal dalam berbagai denominasi menjelang dan selama libur panjang Lebaran. Tidak hanya itu bank juga menggelar kas keliling di beberapa titik untuk memudahkan masyarakat memperoleh uang pecahan kecil.

Pemimpin Wilayah BRI Denpasar, Ida Bagus K. Subagia di Renon, Selasa (21/5) mengatakan, selain melalui unit kerja, layanan penukaran uang pecahan juga bisa dilakukan melalui kas keliling yang dijadwalkan pada 23, 24, dan 27 Mei 2019. Jadwal pelayanan dari Pkl.09.00-12.00 Wita sesuai jadwal, dan plafond penukaran maksimal Rp4,4 juta per orang, terdiri dari 1 pak untuk pecahan sepuluh ribu rupiah dan dua puluh ribu rupiah, 2 pak untuk pecahan dua ribu rupiah dan lima ribu rupiah.

Ia mengakui momen Idul Fitri tentunya tak lepas dari kebutuhan masyarakat akan uang tunai baik pecahan kecil maupun besar. Untuk itu pihaknya menyiapkan dana dengan total uang kartal yang disiapkan mencapai Rp320 miliar pecahan seratus ribu rupiah, Rp230 miliar pecahan lima puluh ribu rupiah, Rp8 miliar pecahan 20 ribu rupiah dan sisanya adalah pecahan sepuluh ribu, lima ribu, dua ribu, seribu, dan lima ratus.

Untuk kelancaran transaksi, ia menyampaikan bank juga melakukan layanan operasional terbatas pada 30 Mei 2019 dan 3 sampai 7 Juni 2019.  Pada tanggal tersebut bank juga menerima layanan penebusan BBM/ non-BBM Pertamina, pembayaran SPP Bulog, layanan pick up service PT. Pos, PT. ASDP dan Garuda Indonesia.

“Sedangkan layanan Visa On Arrival (VOA) dilayani oleh BRI setiap hari selama libur panjang Lebaran. Layanan PT. Taspen dan ASABRI akan dilakukan pada tanggal 1 Juni 2019, dan layanan penerimaan PNBP POLRI pada 3 dan 7 Juni 2019,” paparnya.

Meski tidak semua unit kerja bank buka pada libur panjang Lebaran, Bagus mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir. Masyarakat tetap dapat melakukan transaksi perbankan layaknya di Bank melalui 24.245 agen brilink yang tersebar sampai kepelosok Bali, NTB, dan NTT.

Di samping itu, masyarakat juga bisa melakukan transaksi perbankan e-channel seperti mesin ATM, CRM, EDC dan lainnya.

“Kami memiliki 1.208 mesin ATM dan 111 mesin CRM di Bali, NTB, dan NTT yang buka selama 24 jam. Untuk wilayah Bali saja, tersedia 570 mesin ATM dan 74 CRM,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bagus juga mengingatkan masyarakat yang sekiranya memerlukan uang pecahan menjelang hari raya, BI telah menunjuk 19 unit kerja BRI untuk melaksanakan layanan penukaran uang mulai 22 Mei 2019. *dik

BAGIKAN