Jadi Toga, Ginseng Cocok Ditanam di Pekarangan

84

BANYAK jenis tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai toga ( tanaman obat bagi keluarga). Tanaman ginseng yang sangat terkenal di Cina, saat ini mulai banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai toga.

“Sudah lama khasiat ginseng dikenal masyarakat bahkan sejak zaman nenek moyang. Tanaman herbal  ini memiliki berbagai khasiat untuk penyembuhan berbagai penyakit,” tutur Made Sariasih, PKK Br. Tangtu Denpasar, Rabu (15/5) kemarin di Denpasar.

Ginseng biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional, akar ginseng dapat bermanfaat untuk memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah serta membantu pemulihan penyakit.

“Tanaman ginseng memang bukan tanaman asli Indonesia, namun berasal dari Korea. Tetapi melihat dari khasiatnya, ginseng sangat cocok ditanam di pekarangan rumah karena tidak tumbuh besar,” ucapnya. Tanaman ini dapat ditanam berdampingan dengan tanaman toga lainnya.

Bagian tanaman ginseng yang diambil adalah akarnya yang memiliki banyak manfaat. “Kalau kita membeli ginseng harganya sangat mahal, apalagi yang usianya puluhan tahun. Makanya tak ada salahnya kalau kita tanam sendiri,” tukasnya.

Tanaman ginseng bisa tumbuh di dataran rendah hingga tinggi. Ginseng baik ditanam pada ketinggian sekitar 0 hingga 1.600 mdpl.  Tanah yang baik digunakan untuk menanam gingseng ini yaitu tanah yang subur dan memiliki kandungan organik yang tinggi serta memiliki derajat keasaman atau pH sekitar 5,5-7,2. Lakukan penyiraman sebanyak 2-3 kali dalam sehari sesuai dengan kondisi tanah, namun jangan terlalu berlebihan apalagi sampai tergenang.

Pemupukan tanaman ginseng dilakukan dengan menggunakan pupuk organik karena akan digunakan sebagai obat. Pemupukan ini dilakukan minimal 1-2 bulan sekali. “Ginseng dapat dipanenan setelah berumur sekitar 4 hingga 6 bulan bergantung pada pertumbuhan umbi pada ginseng. Panen ginseng caranya dengan mencabut perlahan ginseng untuk diambil akar ginsengnya, lakukan pada pagi ataupun sore hari,” pungkasnya. *pur/editor rahadi

BAGIKAN