Prioritaskan Ikan Berkualitas untuk Generasi Penerus Bangsa

23

Singaraja (Bisnis Bali) – Mengingat masih kurangnya minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan, Gerakan makan ikan (Gemarikan) pun terus dikampanyekan di Indonesia tidak terkecuali di Bali. Bahkan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Provinsi Bali yang juga ketua tim penggerak (TTP) PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster berharap hasil tangkapan ikan oleh para nelayan di Bali seperti ikan tuna dengan kualitas premium diprioritaskan untuk kebutuhan masyarakat dan jangan hanya diekspor.

Selain itu pihaknya juga menghimbau ikan dengan kualitas premium diupayakan memiliki nilai jual yang terjangkau di masyarakat. Mengingat salah satu faktor kurangnya konsumsi ikan di masyarakat karena harga ikan yang cenderung mahal khususnya ikan dengan kualitas premium seperti tuna ini. “Nah ini yang kita himbau kita punya ikan banyak kok tidak terjangkau di masyarakat,  ketika ada tuna yang kelas atas justru diekspor jadi yang menikmati ikan kelas atas orang di luar negeri, ini harus dikembalikan yang berkualitas ya kita bagi untuk anak – anak kita sebagai generasi penerus kita nantinya,” tegasnya.

Ke depan untuk memantapkan gerakan makan ikan ini, pihaknya juga akan mengupayakan bekerjasama dengan pelaku UKM khusunya yang ada di sekolah – sekolah dengan menyediakan berbagai olahan khususnya ikan untuk meningkatkan minat masyarakat khususnya anak – anak mengkonsumsi ikan. *ira/editor rahadi

BAGIKAN