Singaraja (Bisnis Bali) – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pendapatan asli desa di Kabupaten Buleleng, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buleleng resmi mengukuhkan Forum BUMDes Kabupaten Buleleng.

Bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Kamis (9/5), kegiatan pengukuhan dihadiri Asisten Bidang Administrasi Setda Kabupaten Buleleng Putu Karuna, SH, Kepala Dinas PMD Buleleng I Made Subur, SH serta sejumlah tenaga ahli dan pendamping Desa serta Perbekel se-Kabupaten Buleleng.

Ketua Panitia Pengukuhan Forum BUMDes I Made Subur yang juga Kepala Dinas PMD Buleleng  mengungkapkan, peran forum BUMDes adalah untuk memfasilitasi BUMDes  di seluruh desa di Kabupaten Buleleng. Karena menurutnya  peran BUMDes ke depan bagaimana agar dapat menggali potensi – potensi yang ada di masyarakat di desa, baik  mengembangkan usahanya yang nantinya dapat memberikan kesejateraan seluruh masyarakat Desa.

“Jadi melalui BUMDes segala potensi ekonomi serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di Desa tidak hanya mencari keuntungan tetapi juga diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di perdesaan,” terangnya.

Selain itu, dalam kurun waktu tiga tahun pihaknya akan menggenjot BUMDes dengan mulai menganalisa segala kebutuhan BUMDes itu sendiri termasuk kebutuhan akan usaha tani. Sehingga dengan ini angka kemiskinan dapat di entaskan. “Sesuai dengan target Bapak Gubernur Bali yakni 1 persen dalam tiga tahun untuk di Buleleng kita optimis bisa,”ujarnya. *ira/editor rahadi

 

BAGIKAN