VETERAN - HUT ke-62 LVRI di Balai Budaya Gianyar,

Gianyar (Bisnis Bali) –  Semua orang harus menjadi pahlawan di tempatnya masing-masing setidaknya pahlawan di keluarga masing-masing, menjadi panutan bagi anak dan istri.  Begitu disampaikan Bupati Gianyar, Made Mahayastra saat memberikan ucapan selamat datang serangkaian upacara HUT ke-62 LVRI di Balai Budaya, Gianyar, Selasa (29/1).

Ia mengatakan LVRI merupakan organisasi yang menaungi para veteran di Indonesia. Para veteran pejuang selama ini telah memberikan darma baktinya baik dalam masa merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, hingga saat ini dalam masa mengisi kemerdekaan.
“Merebut kemerdekaan merupakan suatu yang luar biasa dimana dengan keterbatasan  para pendahulu telah berhasil memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan,” ucapnya.

Semangat juang, pantang menyerah, patriotisme, dan cinta tanah air yang telah ditunjukkan oleh para veteran tersebut telah mampu mengantarkan bangsa dan negara kearah kemajuan sebagaimana yang kita nikmati pada masa kini.
Pada kesempatan tersebut Mahayastra juga mengajak seluruh elemen masyarakat  untuk meneladani sikap-sikap perjuangan yang telah ditunjukkan oleh para veteran. Apalagi dalam era globalisasi pada saat ini jiwa semangat dan nilai juang 45 wajib diteladani oleh kita semua utamanya oleh generasi muda agar tidak kehilangan jati diri ditengah derasnya arus keterbukaan. Ancaman terbesar bagi suatu bangsa sesungguhnya bukan berasal dari luar tetapi berasal dari dalam. Ini apabila kita tidak mampu menghayati hakekat-hakekat dari perjuangan bangsa itu sendiri.
Bupati Mahayastra juga berjanji akan membangun patung I Wayan Dipta pada tahun 2020. Patung akan berdiri sesuai permintaan keluarga di samping Stadion Dipta.
Janji tersebut ia sebutkan mengingat perjuangan yang dilalui para pahlawan  adalah perjuangan yang sangat berat. Dikatakan pula bahwa ia akan ikut berusaha untuk menjadikan I Wayan Dipta sebagai pahlawan nasional kebanggaan Bali khususnya Gianyar.
Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri menyampaikan ucapkan selamat ulang tahun ke 62 kepada seluruh anggota LVRI Provinsi Bali.  “Kita semua berharap semoga di hari ulang tahun ke 62 ini seluruh anggota LVRI tetap sehat, semangat, kompak dan semakin solid untuk menjaga persatuan dalam koridor kebhinnekaan,” ungkap Kasuri.
Lebih lanjut Brigjen TNI Kasuri bahwa veteran harus berperan aktif melanjutkan perjuangan dalam mengisi pembangunan nasional,demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Terkait Pemilu Legislatif dan pemilihan Presiden Brigjen TNI Kasuri mengharapkan perhatian yang serius dan komitmen yang kuat dari berbagai lapisan elemen untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif baik TNI, Polri, pemerintah daerah termasuk didalamnya jajaran veteran.
Ketua Umum Dewan Pimpinan LVRI Pusat yang dibacakan oleh Asisten Adminitrasi Umum Provinsi Bali I Wayan Suarjana berharap semoga seluruh jajaran LVRI di semua tingkatan untuk untuk tetap menjalin hubungan dengan jajaran pemerintahan dimanapun berada. Wayan Suarjana juga menyerahkan gelar kehormatan Veteran dan tunjangan Veteran LVRI. (kup)

BAGIKAN