Sampah Plastik Serbu Kawasan Pantai DTW Tanah Lot

40
Penanganan sampah plastik kiriman oleh pihak manajemen pengelola di kawasan pantai DTW Tanah Lot

Tabanan (Bisnis Bali) –
Gelombang tinggi dan angin kencang yang menghantam wilayah perairan selatan Bali dalam sepekan terakhir memberi dampak buruk bagi sektor pariwisata di Kabupaten Tabanan, salah satunya di kawasan Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot. Betapa tidak, cuaca buruk tersebut dibarengi dengan meningkatnya kiriman sampah plastik di kawasan wisata tersebut.
Manager DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, di Tabanan, Selasa (29/1) mengungkapkan, sejak empat hari terakhir sampah kiriman jenis plastik ini mengalami peningkatan di bibir pantai di seputaran kawasan DTW Tanah Lot. Imbuhnya, kondisi tersebut seolah menjadi lanjutan dari kejadian yang sama sebelumnya, namun sebelumnya sampah kiriman tersebut didominasi berupa kayu atau ranting-ranting tanaman.
“Sampah plastik tersebut merupakan kiriman seiring dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat terjadi belakangan ini,” tuturnya.
Jelas Toya, terkait itu sekaligus dalam upaya menjaga kenyaman para wisatawan yang datang ke kawasan DTW Tanah Lot, pihaknya telah menurunkan petugas untuk melakukan pembersihan sampah plastik. Katanya, pembersihan sampah plastik kiriman tersebut mulai dilakukan dari pukul 06.00 wita, sehingga siangnya atau pukul 07.00 lokasi pantai sudah dikondisikan bersih dari sampah plastik.
”Sampah plastik kiriman ini umumnya berada disekitar pura Tanah Lot. Volumenya cukup banyak atau ada sekitar 4 mobil carry pick up,” ujarnya.
Sementara itu, terkait angka kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot di tengah kondisi cuaca buruk ini, akuinya memang mengalami penurunan. Namun, penurunan tersebut tidak signifikan dibandingkan dengan biasanya. Yakni, biasanya limit kunjungan diangka 6.000-7.000 per hari, saat ini dengan kondisi hujan jumlah tersebut menurun dengan berada dikisaran 5.000 an per hari.
“Tidak begitu besar penurunannya. Dan saat ini untuk asal kunjungan dari kedatangan wisatawan ke DTW Tanah Lot dalam posisi berimbang, antara asing dan wisatawan domestik,” tandasnya.*man

BAGIKAN