Mangga Kio Jay, Varietas Unggul Buah  Jumbo

54

VARIETAS mangga kio jay, dapat menjadi salah satu pilihan untuk dibudidayakan. Varietas yang satu ini merupakan varietas premium dengan berbagai keunggulannya.

Mangga kio jay memiliki keunggulan, yaitu ukuran buah yang jumbo. “Ukuran buah tergolong jumbo, bisa memiliki berat mencapai  rata-rata 2 kg per buah,” tutur Putu, penjual bibit tanaman buah unggul di kawasan Sanur Denpasar.

Dikatakan, saat ini banyak orang mencari bibit mangga kio jay karena mengetahui keunggulannya. “Mangga ini seperti halnya jenis mangga lainnya, cocok dikembangkan di Bali, apalagi kebutuhan buah di Bali termasuk tinggi,” paparnya Senin (28/1) di Denpasar.

Cara budi daya mangga kio jay tak ada bedanya dengan jenis mangga lainnya. Dengan perawatan yang mudah dan kualitas buah yang bagus, prospek budi daya mangga kio jay cukup menjanjikan.

“Budi daya  mangga kio jay sangat prospektif. Tetapi tanaman memang harus  selalu mendapatkan perawatan rutin dan secara berkala,” katanya kepada Bisnis Bali.

Dikatakan, perawatan mangga kio jay yang terpenting adalah pohon harus mendapat sinar matahari yang cukup. “Jarak tanam yang baik sedikitnya 5 x 5 meter, agar tanaman dapat tumbuh maksimal. Kalau jarak terlalu dekat, buah yang dihasilkan tidak maksimal karena tanaman berebut makanan,” tukasnya.

Penyiraman dilakukan sekali sehari yaitu setiap sore hari dan pemberian pupuk untuk penambahan nutrisi bisa dilakukan tiap tiga bulan sekali dengan pupuk kandang. Selain itu bila perlu bisa dilakukan penyemprotan hama menggunakan pestisida.

Saat ini belum banyak orang yang membudidayakan mangga kio jay di Bali. Makanya budi daya varietas yang satu ini sangat menjanjikan. (pur)

BAGIKAN