Bangli (Bisnis Bali) – Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastni Koster mengunjungi  Br Bangklet Desa Kayubihi Kec. Bangli dalam rangka harmonisasi dan singkronisasi Gerakan PKK dan kunjungan ke rumah contoh HATINYA (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) PKK. Kegiatan yang disertai  penyerahan penghargaan Hatinya PKK dan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) sebesar Rp27 Juta kepada PKK Desa Kayubihi dipusatkan di Balai Banjar Br. Bangklet.

Suastini Putri Koster menilai, kelembagaan PKK merupakan sebuah organisasi yang sangat strategis yang mampu menyentuh lapisan masyarakat  terbawah dan apabila tidak dikelola dengan baik tentunya menjadi kerugian bagi masyarakat bali.

“Kegiatan Hatinya PKK yang kita laksanakan hari ini adalah sebuah langkah kecil kita untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di propinsi bali, bila dikelola dengan baik akan memberikan dampak yang sangat besar dalam meningkatkan kwalitas keluarga kita. Gerakan Hatinya PKK bertujuan untuk mengembalikan fungsi natah Bali seperti masa-masa lampau natah yang asri dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” ujarnya.

Untuk mendorong progam ini pemerintah provinsi bali memberikan bantuan 15 juta perdesa percontohan HATINYA PKK yang dapat digunakan untuk menata pekarangan agar dapat bermanfaat namun indah dipandang mata. Dana tersebut bisa digunakan untuk pembelian bibit tanaman toga, karang kitri,  pembuatan landcape dan tempat pemeliharaan.

Dan diserahkan juga bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita dan lansia sebesar 12 juta yang bertujuan untuk memberikan asupan gisi agar tercapai status gizi yang baik untuk balita dan lansia.

Pihaknya mengajak seluruh PKK Kabupaten Bangli sama-sama mewujudkan program HATINYA PKK sehingga seluruh halaman pekarangan rumah penduduk sudah tertata dan bermanfaat unutk keluarga itu sendiri

Sementara itu Wakil Ketua 2 TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta mengatakan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ibu TP PKK provinsi atas program yang diluncurkan pada 2019 ini. Karena program ini baru pertamak kalinya dan menjadi program unggulan, pihaknya akan mensosialisasikan program ini. “Intinya halaman itu indah asri dan bermanfaat untuk rumah tangga itu sendiri,” tegasnya.

Sariasih berharap masyarakat lebih termotivasi dengan kunjungan Ketua TP PKK Provinsi untuk memanfaatkan pekarangan dengan sebaik-baiknya. “Jangan kita rajin menanam disaat ada kunjungan , seharusnya tetap kita lanjutkan dan pelihara dengan baik sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” pungkasnya.

Selanjutnya TIM TP PKK propinsi Bali mengunjugi rumah contoh Hatinya PKK rumah milik Wayan Sudira dan wayan Bakat serta mengunjungi Koperasi simpan pinjam Eka Santi. Pada kesempatan tersebut Putri Koster berkenan menamam tanaman toga dan memetik buah pepaya. (ita)

BAGIKAN