PESAWAT - Sebuah pesawat Garuda Indonesia yang melayani rute London-Denpasar berada di apron Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Mangupura (Bisnis Bali) – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada 2018 lalu, cukup banyak menerima pembukaan rute baru penerbangan. Kini di awal 2019, maskapai flag carrier Indonesia, Garuda Indonesia, membuka rute baru London-Denpasar.

Dalam rilisnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara menyatakan bahwa pembukaan rute ini merupakan upaya untuk menjawab tingginya tuntutan pasar internasional akan konektivitas langsung dari Inggris ke Bali. “Layanan penerbangan ini menjadi langkah positif Garuda Indonesia dalam upaya peningkatan kinerja maskapai khususnya melalui strategi pengembangan jaringan penerbangan internasional khususnya pada sektor penerbangan Inggris-Indonesia yang terus menunjukan pertumbuhan pasar yang makin menjanjikan, di mana angka kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan, khususnya melalui Bali sebagai salah satu pariwisata unggulan di Indonesia,” katanya.

Pada tahun 2018 lalu, Inggris menempati urutan keempat dalam daftar negara yang paling banyak menyumbang wisatawan mancanegara di Bali. Selama 12 bulan pencatatan, sebanyak 271.801 wisatawan asal Inggris datang berwisata ke Bali. Dibandingkan dengan catatan di tahun 2017 yang hanya menyumbang 241.493 wisatawan, jumlah turis asal Britania Raya pada tahun lalu tercatat naik sebesar 12,6 persen. Inggris juga naik peringkat dalam daftar negara dengan jumlah wisatawan mancanegara terbanyak, dari sebelumnya menempati peringkat 5 pada tahun 2017, naik ke peringkat 4 di tahun 2018.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi menyambut baik dibukanya rute penerbangan London-Denpasar ini. “Hal ini akan makin mempermudah akses wisatawan dari Eropa, khususnya Inggris untuk berwisata ke Bali. Sudah barang tentu akan berdampak positif pula pada peningkatan pariwisata di Bali,” ujar Yanus.

Dijadwalkan, penerbangan rute London-Denpasar akan dilayani sebanyak tiga kali seminggu, setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Akan tetapi, penerbangan ini tidak melayani rute sebaliknya, yaitu Denpasar-London. (dar)

BAGIKAN