Denpasar, (Bisnis Bali) – Bank Mandiri meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya, salah satu dengan menjadi agen branchless banking. Ini sejalan dengan program pemerintah mengenai transaksi nontunai atau cashless dengan harapan masyarakat akan dengan mudah melakukan transaksi harian melalui agen-agen branchless banking tanpa harus ke bank atau pun ATM.

Vice President Regional Funding Head Regional XI Bali dan Nusa Tenggara Iwan Setyawan mengatakan untuk membantu kelancaran transaksi perbankan telah menyiapkan layanan branchless banking menggunakan sistem aplikasi Electronic Data Capture (EDC) menjadi mini ATM.
“Kami ingin memudahkan layanan transaksi perbankan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar tanpa harus ke kantor cabang bank,” katanya.
Karenanya bank BUMN ini akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi LPD, koperasi, banjar maupun badan usaha perorangan seperti warung atau toko kelontongan untuk menjadi agen brachless banking Bank Mandiri.
Menurutnya, EDC mini memiliki fiture dan kelengkapan sistem sama seperti ATM pada umumnya. Transaksi apapun bisa dilakukan lewat mini ATM ini, seperti GoPay, pembelian pulsa, setor tarik uang tunai dan masih banyak lagi fiture yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat dalam bertransaksi keuangan atau perbankan.
“Saat ini kami baru memiliki 110 agen branchless banking yang tersebar di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Uuntuk itu kami akan menjadikan LPD sebagai mitra agen branchless banking Bank Mandiri,” ujar Iwan.
Cluster Valuechain Officer Regional XI Bali dan Nusra, Raja Iswan mengungkapkan benefit yang akan diperoleh oleh LPD apabila sebagai mitra agen branchless banking Bank Mandiri adalah transaksi atau community, branding & cross sell dan fee atau added.
”Kami akan memberikan pelatihan kasir, program dan branding kepada masing-masing agen, di samping itu ada fee untuk setiap transaksi yang dilakukan,” jelasnya.
Raja Iswan berharap dengan adanya EDC Mini Atm yang di tempatkan di masing-masing agen branchless banking ini dapat membantu melancarkan dan memudahkan setiap transkasi yang dilakukan oleh masyarakat tanpa harus ke bank lagi dan ikut mensukseskan program pemerintah mengenai transaksi nontunai.*dik

BAGIKAN