Singaraja (Bisnis Bali) – Sebagai bentuk transparansi serta guna memberikan kemudahan bertransaksi oleh siswa, SMK Negeri 2 Singaraja menjalin kerja sama dengan Bank BPD Bali Cabang Singaraja tentang penerimaan dan pengelolaan pembayaran sumbangan partisipasi orang tua/SPP dan pembayaran lainnya secara online Rabu (16/1) pagi. Bertempat di SMK Negeri 2 Singaraja penandatanganan perjanjian kerja sama ini dihadiri oleh Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja, Kepala SMK N 2 Singaraja, Ketua Komite SMK N 2 Singaraja dan seluruh siswa SMK N 2 Singaraja.

Kepala SMK Negeri 2 Singaraja Nyoman Sudi Mahayasa ketika diwawancarai menuturkan, kerja sama ini sebagai bentuk transparansi tentang pembayaran sumbangan partisipasi orangtua. Selain itu pihaknya menjelaskan, dari pembayaran manual yang kini beralih menjadi menjadi pembayaran online ini dipandang lebih memudahkan siswa dalam melakukan pembayaran, khususnya  siswa yang masih melakukan praktik lapangan (magang-red). Dengan demikian, siswa tidak lagi melakukan pembayaran ke sekolah namun langsung ke Bank BPD Bali terdekat. “Jadi untuk lebih transparan dan bisa dipertanggungjawabkan oleh orang tua,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pembayaran SPP secara online ini berlaku kepada seluruh siswa yang jumlahnya mencapai 1.395 siswa terdiri atas 4 program studi perhotelan, tataboga, kecantikan dan busana. Kemudahan transaksi ini juga bisa dilakukan tidak hanya siswa juga orangtua siswa, karena syarat pembayaran SPP secara online hanya cukup menyerahkan nomor induk siswa (NIS).

Pihaknya berharap, ke depan dengan kerja sama ini lebih transparan terkait  keuangan dan bisa dipertanggungjawabkan serta mampu lebih meningkatkan gairah menabung siswa.

Hal senada juga diungkapkan Dr. I Putu Suka Arsa, ST, MT Ketua Komite SMK Negeri 2 Singaraja, bahwasannya untuk kerja sama dengan Bank BPD Bali terkait pembayaran sumbangan partisipasi orangtua secara online ini merupakan  program terbaru dari komite sekolah. Program baru ini bertujuan agar  pengelolaan keuangan lebih akuntabel dan lebih transparan. “Juga menghindari keterlambatan, pembayaran bisa kapan saja, di mana saja itu sudah bagian dari unsur transparan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bank BPD Bali Cabang Singaraja AA Ngurah Bimarthama, ST, MM mengungkapkan, kerja sama ini sebagai keberlanjutan dari kerja sama Bank BPD Bali dengan sekolah-sekolah yang terjalin sudah sejak lama. Terkait pelayanan SPP online tersebut pihaknya mengakomodir keinginan dari pihak sekolah yang nanti sekaligus mensosialisasikan terkait produk Bank BPD Bali seperti SPP online ini. “Awalnya manual dari siswa ke sekolah kemudian dari sekolah baru ke bank. Sekarang langsung dari siswa ke bank hanya dengan menyerahkan NIS,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan sistem pembayaran online, sekolah lebih dimudahkan sehingga lebih transparansi dan akuntabilitas melalui komite bisa dipenuhi. “Kami juga sudah bekerjasama dengan beberapa universitas dan sudah melakukan sistem pembayaran SPP secara online melalui Bank BPD Bali.  Bank BPD Bali juga melayani sistem jemput bola ke sekolah-sekolah sesuai kesepakatan. (ira/adv)

BAGIKAN