Denpasar (Bisnis Bali) – Properti Bali masih memiliki daya tarik yang kuat untuk mendatangkan para pembeli baik dari dalam maupun luar negeri. Hal itu diungkapkan mantan Ketua DPD REI Bali, Dr. Dewa Putu Selawa, M.M., Rabu (16/1).

Katanya, 2019 merupakan tahun politik justru ditunggu – tunggu hasilnya karena sedikit banyak akan berpengaruh pada kondisi bisnis properti ke depan. Siapa pun yang terpilih jadi presiden tentu diharapkan bisa makin berpihak pada sektor properti lewat kebijakan – kebijakan atau regulasi yang dibuat.

Properti Bali jelas terpengaruh pertumbuhan ekonomi. Data Bank Indonesia Triwulan II/ 2018 ekonomi bertumbuh 6,09 persen dan hingga akhir 2018 masih di bawah 7 persen. Optimisme para pemasok perumahan untuk menggelorakan dan melancarkan strategi baru 2019 tentu sangat beralasan. Itu karena sejumlah kebijakan 2018 tentang properti sudah ada yang dirancang khusus tahun ini yakni fasilitas kredit perumahan untuk kalangan milenial tanpa batasan gaji.

Demikian rumah subsidi untuk MBR yang dibutuhkan Baki sekitar 3500 unit data REI Bali, tentu merupakan tantangan dan peluang untuk menggarapnya. Belum lagi perumahan elite tentu keterlibatan para broker dalam pemasaran akan mempercepat dapatkan target para pengembang. Optimisme memang harus dibangkitkan  para pebisnis.

 Namun demikian tak cukup sebatas wacana karena bisnis padat modal ini perlu strategi baru dan nyata untuk bisa menjadi daya tarik pasar. Tentu saja salah satu indikator pentingnya adalah inovasi dan stimulus bagi pasar sehingga 2019 optimisme berbuah hasil yang diharapkan.

Owner PT Sepa Karya Buana ini mengharapkan Bali tetap aman walaupun hajatan politik dan momen penting berskala internasional digelar di Bali. Didukung karakter dan budaya masyarakat Bali yang menjadikan pariwisata sektor basis perekonomian akan tetap memberikan dampak positif dan menjadikan sektor properti makin kuat bagaikan magnet yang menyedot perhatian para pembeli dalam dan luar negeri, baik untuk rumah tempat tinggal, investasi, maupun berspekulasi. (gun)

BAGIKAN