Gianyar (Bisnis Bali) – Sebagai lembaga perekonomian masyarakat, keberadaan LPD Desa Pakraman Celuk, Sukawati, Gianyar, telah mampu menjadi tumpuan perekonomian desa pakraman yang memberi kesejahteraan kepada masyarakat. Berbagai kontribusi diberikan secara rutin untuk memfasilitasi kegiatan yang diselenggarakan.

Kepala LPD Desa Pakraman Celuk, I Wayan Samarata, saat ditemui, Senin (14/1) mengatakan, selain menyerahkan 20 persen dari laba sebagai dana pembangunan yang rutin setiap tahunnya kepada desa pakraman, LPD Desa Pakraman Celuk juga menunjang beberapa kegiatan di desa pakraman.

LPD Desa Pakraman Celuk menganggarkan dana upakara Rp150 juta per tahun untuk memfasilitasi kegiatan piodalan di Pura Kahyangan Tiga. “Hampir 10 tahun berjalan, masyarakat tidak pernah keluar biaya untuk piodalan, yang penyelenggaraannya ditanggung oleh LPD,” ujarnya.

Demikian juga untuk kesejahteraan pemangku, LPD Desa Pakraman Celuk memberikan dana motivasi kepada 7 pemangku Kahyangan Tiga dengan nilai Rp6 juta per bulannya. Kegiatan ini dikatakannya sudah 10 tahun berjalan.

Di samping itu, dalam pelaksanaan upacara ngaben masal, LPD Desa Pakraman Celuk memberikan anggaran Rp60 juta per tahun, yang dana tersebut diambil setiap 3 tahun sekali oleh masyarakat. Pelaksanaan ngaben masal ini pun dikatakannya sudah 3 kali berjalan. Adapun dikatakannya, untuk memfasilitasi setiap kegiatan di masyarakat, dianggarkan dari dana sosial yang merupakan penyisihan 5 persen dari laba.

Tidak hanya itu, setiap pelaksanaan gebyar, LPD Desa Pakraman Celuk membagikan dana bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang terbentuk di wilayah Desa Pakraman Celuk, seperti sekaa teruna, sekaa gong dan sebagainya.

Selain itu, dukungan lainnya juga diberikan untuk kegiatan yang digelar kelompok masyarakat sesuai proposal yang diajukan. “Bisa dikatakan LPD sudah menjadi lumbung ekonominya masyarakat, yang setiap kegiatan, LPD selalu berupaya berkontribusi,” terangnya. (wid)

BAGIKAN